Program Sekolah Gratis DPRD Riau Gagal Terealisasi di 2019

Selasa, 27 November 2018

Noviwaldy Jusman

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Wacana DPRD Provinsi Riau untuk mengalokasikan dana Program Pendidikan Gratis untuk tingkat SMA sederajat di APBD 2019 gagal terlaksana.

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman mengatakan, pihaknya memang sudah merencanakan penganggaran untuk Program Pendidikan Gratis tersebut sebelumnya, namun karena program tersebut tak masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menenangah Daerah (RPJMD), maka DPRD belum bisa menganggarkan untuk saat ini, termasuk uang komite sekolah.

"Untuk saat ini kita memang belum bisa laksanakan, karena Program Pendidikan Gratis berkaitan erat dengan RPJMD," kata Dedet sapaan akrab Noviwaldy, Senin (26/11/2018).

Dedet menambahkan, nantinya setelah dilantiknya gubernur Riau terpilih nantinya, baru akan dibuat RPJMD yang baru dan akan dimasukan di RPJMD itu mengenai Program Pendidikan Gratis tersebut.

"Setelah ada di RPJMD, maka anggaran pembelian buku sekolah gratis, kemudian anggaran uang komite untuk membiayai SMA dan lainnya akan dianggarkan. Atau bisa jadi pada APBD Perubahan Riau 2019 nanti akan dialokasikan dananya," cakapnya lagi.

Seperti yang diketahui, sebelumnya, pihak DPRD Riau merencanakan akan mengalokasikan dana Program Pendidikan Gratis untuk tingkat SMA sederajat sebanyak Rp 200 miliar, melalui APBD Riau 2019.