Tips Terbaik Untuk Berhenti Tidur Mendengkur

Kamis, 21 Februari 2019

ilustrasi

POTRETRIAU.com - Jujur, Apakah Anda tahu bahwa Anda membuat pasangan tetap terjaga di malam hari dengan dengkuran yang hanya bisa digambarkan mirip dengan binatang ternak?

Atau Anda pernah mendapatkan siku pasangan ke tulang rusuk Anda karena mengeluarkan dengkuran bergema di sekitar kamar tidur?

Anda jangan Khawatir, Dilansir dari Miror Kamis (24/8/2017), berikut ini ada tips terbaik untuk berhenti mendengkur dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana.

Pertahankan berat badan dan diet yang sehat

Kelebihan berat badan hanya dengan beberapa kilogram bisa menyebabkan mendengkur. Karena jaringan lemak di sekitar leher Anda bisa menghambat jalan napas dan mencegah udara mengalir masuk dan keluar dengan bebas.

Cobalah tidur dengan posisi miring 

Karena saat tidur telentang, lidah, dagu dan jaringan lemak berlebih di bawah dagu Anda juga bisa menghambat jalan napas Anda dan menyebabkan dengkuran. Tidur dengan posisi miring bisa mencegah hal ini.

Hindari alkohol sebelum tidur

Alkohol menyebabkan otot-otot rileks lebih dari biasanya pada saat tidur. Ini menambah relaksasi otot membuat bagian belakang kerongkongan semakin lancar, yang kemudian menyebabkan mendengkur.

Berhenti atau mengurangi kebiasaan merokok

Asap rokok mengiritasi lapisan rongga hidung dan tenggorokan, menyebabkan pembengkakan. Hingga saluran hidung menjadi sesak, sulit bernafas melalui hidung karena aliran udara berkurang.

Jaga agar hidung Anda bersih

Jaga agar hidung Anda tetap bersih, sehingga Anda bernafas melalui hidung dan bukan mulut Anda. Jika alergi menghalangi hidung Anda, coba tablet antihistamin atau semprotan hidung.

Kunjungi dokter umum Anda

Jika mendengkur Anda tetap ada setelah mencoba beberapa tips diatas, mungkin perlu mencari pertolongan medis. Untuk beberapa kasus mendengkur, diperlukan operasi untuk memperbaiki masalah struktural di saluran napas, seperti kelenjar gondok yang membesar. (BMC)