Polsek Kemuning Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Bahaya Kahutla

Ahad, 28 Februari 2021

TEMBILAHAN - Upaya meminimalisir dan mencegah serta mewujudkan wilayah bebas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus di galakkan di inhil khususnya kecamatan Kemuning.

Dengan menggunakan sepeda motor,polsek Kemuning bersama Personil TNI, Personil SatPol PP,Personil Polhut dan Masyarakat MPA  serta Komunitas Terabas Desa Keritang melaksanakan giat patroli Karlahut di wilayah hukum polsek kemuninh yang dianggap rawan terjadinya kebakaran,minggu(28/2/2021).

Selain patroli,rombongan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kemuning Kompol Benhard. SH juga melaksanakan sosialisasi guna memberikan himbauan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar yang berdampak negatif sesuai fatwa MUI membakar lahan hukumnya haram dan sangat buruk bagi kesehatan hingga sangsi pidana yang akan menanti pelaku pembakaran.

"Patroli dan sosialisasi ini agar terbangunnya kesadaran masyarakat atas dampak negatif yang ditimbulkan apabila membuka lahan dengan cara membakar.selain itu agar meminimalisir terjadinya Kasus karhutla diwilayah hukum polsek kemuning,"ujar Ben Hard.

Pada giat tersebut Polsek Kemuning juga memasang sepanduk dan stiker tentang bahaya kahutla di wilayah rawan kebakaran agar himbauan tersebut diketahui dan tersebar hingga ke masyarakat pelosok.

Meskipun tak ada titik api di temukan namun,kapolsek meminta kepada masyarakat untuk sadar akan bahaya yang ditimbulkan akibat karhula dan segera melaporkan kepada aparat kepolisian atau aparatur desa jika melihat titik api diwilayahnya masing masing untuk dipadamkan bersama.

“Saat ini Upika Kecamatan dan Polsek tengah gencar melaksanakan upaya preemtif dengan gencar mensosialisasikan secara intens melalui personel Bhabinkamtibmas di lapangan tentang bahaya karhutla. beri tahu kami jika ada titik api,kita padamkan bersama sama agar kahutla tidak meluas,"pungkasnya.