Unilak Jalin Kerjasama dengan UGM Disaksikan Oleh Gubernur Riau

Sabtu, 15 Oktober 2022

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Universitas Lancang Kuning Pekanbaru menjalin kerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM). Penandatangan kerjasama disaksikan Gubernur Riau Syamsuar, di Balai Serindit, Sabtu (15/10/2022).

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Rektor Unilak Dr Juanidi SS M.Hum dengan Rektor UGM Prof dr. Evo Emillia yang turut disaksikan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Riau dan pejabat Kabupaten/Kota di Riau.

Gubernur Syamsuar dalam pidatonya menyebutkan, UGM bisa memberikan sumbangsih kepada Provinsi Riau melalui penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Riau. 

"Dalam rangka pengembangan semua potensi yang ada di Riau, tentu hilirisasinya perlu kita lakukan. Namun, untuk menuju ke sana kita perlu mempersiapkan SDM kita agar nanti anak-anak Riau bisa bekerja pada dunia industri yang ada di sini," ujar orang nomor satu di Riau ini.

"Langkah-langkah itu nantinya akan dilanjuti oleh dinas kami. Sehingga dari situlah kita akan mendapatkan peluang kesempatan untuk meningkatkan kualitas SDM di Riau," imbuh Syamsuar.

Untuk lebih meningkatkan kualitas SDM Riau kedepannya, Syamsuar juga mengaku siap melakukan kerja sama lainnya dengan berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi saat ditemui menyebutkan, Unilak mengucapkan terima kasih kepada UGM dan Pemprov Riau sehingga dapat terjalin kerjasama. "Kami berharap usai dari MoU realisasi kerjasama dapat segera bisa dilakukan. Banyak potensi atau bidang yang akan dilakukan, penelitian, program Merdeka Belajar, penguatan kampus ramah disabilitas, Tri Darma Perguruan Tinggi dan lain-lain," cakapnya.

UGM sebagai kampus terbaik di Indonesia, diharapkan dapat mentransformasi ilmu pengetahuan kepada Unilak dan memberikan manfaat bagi dunia pendidikan. "Di Unilak sendiri banyak alumni UGM, dan saya adalah alumni UGM," ujar Dr Junaidi yang juga pengurus KAGAMA Riau.

Sementara itu Prof dr Evo Emillia menyebutkan bahwa kegiatan ini sebuah momen yang sangat penting. Menurutnya, kerja sama ini merupakan salah satu bukti jati diri dari UGM.

"Hari ini dengan tangan-tangan lihai dari para Kagama Riau, kita dapat membuat suatu perjanjian kerja sama yang sangat sinergis dengan pemerintah daerah," kata Evo.

Ia juga menjelaskan bahwa, Provinsi Riau merupakan provinsi yang strategis dan bagi Negara Indonesia tentu menjadi sangat penting untuk mengembangkan berbagai potensi yang bisa dikembangkan.

"Hari ini kita mengikatkan diri dalam suatu PKS tentunya berkaitan dengan Tri Dharma yang dimiliki oleh UGM dan tentunya kerja sama ini ditujukan untuk mencari solusi berbagai masalah yang muncul," imbuhnya.***