Mendorong Kemandirian Warga Lubuk Gaung Dumai Dengan Kambing Bantuan

Selasa, 29 November 2022

DUMAI, POTRETRIAU.com - Masyarakat Kota Dumai penerima manfaat bantuan bergulir kambing dari PT Sari Dumai Sejati (Apical Group) terus meningkatkan jumlah populasi hewan ternak itu untuk menopang perekonomian dan mewujudkan Kelurahan Lubuk Gaung swasembada kambing.

Syafrudin, tokoh masyarakat Kelurahan Lubuk Gaung sekaligus penasehat kelompok peternak setempat mengatakan, bantuan bergulir kambing sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Awalnya, mereka hanya menerima 12 ekor, kini sudah berkembang menjadi hampir 100 ekor.

Warga peternak kambing ini awalnya dibantu oleh Apical Group dengan 12 ekor induk kambing betina, disertai dukungan pangan secara berkelanjutan dan penyuluhan cara budi daya kambing.

"Warga sangat berterimakasih dengan perusahaan SDS karena mendorong pemberdayaan masyarakat melalui program penyaluran hewan kambing secara bergulir. Sekarang ternak kambing warga terus bertambah dari semula hanya 12 ekor kini sudah berjumlah hampir mendekati 100 ekor," kata Syafrudin, Selasa.

Dikatakannya, warga pemanfaat kambing bergulir ini setiap bulan bertambah, dan sebagian besar mata pencaharian mereka adalah petani dan peternak. Ke depan diharap Apical Group terus memperhatikan warga sekitar sebagai wujud dari kepedulian dan kehadiran perusahaan di tengah masyarakat.

Perusahaan juga menyalurkan hewan ternak kambing kepada warga di RT 05 Kelurahan Lubuk Gaung. Ketua RT 05 Rusli mengakui keberadaan perusahaan terasa sekali karena sudah membantu kegiatan ekonomi warga melalui program bantuan bergulir ternak kambing.

"Warga kami sangat antusias dengan program ini, dan berharap bantuan bergulir ini bertambah penerimanya," ujar Rusli.

Hal sama juga disampaikan Ruslina selaku Ketua Kelompok Wanita Tani Sukajadi Jaya di RT 06 Kelurahan Lubuk Gaung. Ruslina menilai program bantuan bergulir ini dirasakan besar manfaatnya oleh kaum perempuan di kelurahan Ring 1 PT SDS tersebut.

Sejak Apical Group menyalurkan bantuan hewan kambing pada akhir 2018 lalu, kini jumlah pemanfaat terus bertambah, dari semula 4 orang dengan 10 ekor kambing, kini meningkat hingga seratusan ekor yang dikelola 23 orang.

Saat menerima bantuan bergulir ini, kelompok wanita tani selain dibantu kambing, juga disalurkan bahan bangunan untuk kandang dan bantuan pakan berupa bungkil. 

"Bungkil sampai sekarang masih dibantu sebagai pakan tambahan, karena yang pakan utama itu adalah rumput. Sejak dibantu, Ibuk ibuk di sini sudah ada kegiatan beternak dan sekaligus bisa membantu dapat duit untuk di rumah. Kami bersyukur dibantu Apical," kata Ruslina.

Dia juga mengapresiasi kepedulian Apical Group di lingkungan sekitar karena juga meminjamkan lahan dua hektare yang sudah ditanami kelapa sawit oleh perusahaan untuk dikelola warga setempat.

Ke depan, Ruslina berharap Apical Group terus meningkatkan kepedulian dan manfaat keberadaan di Kelurahan Lubuk Gaung dengan penyaluran program tanggung jawab sosial perusahaan atau TJSP, termasuk memperkuat lagi bantuan bergulir hewan kambing.

Wali Kota Dumai Paisal SKM Mars kembali mengapresiasi kontribusi positif Apical Group bagi masyarakat sekitar perusahaan, karena menyalurkan bantuan yang bisa mendorong kemandirian warga serta meningkatkan ekonomi keluarga pemanfaat.

Berbagai program TJSP yang dimiliki PT SDS (Apical Group) di Dumai tentunya pemerintah sangat mendukung dan siap berkolaborasi agar tepat sasaran dan terasa bermanfaat bagi warga sekitar operasional perusahaan.

"Pemerintah mendukung penuh program sosial kemasyarakatan PT SDS untuk warga sekitar, karena akan membuktikan keberadaan perusahaan sangat bermanfaat dan membantu program kemandirian serta pemberdayaan masyarakat," kata Paisal.***