Bobot 200 Kilogram, Seekor Piton 8 Meter Berhasil Dievakuasi di Pelalawan

Jumat, 06 Januari 2023

PELALAWAN, POTRETRIAU.com - Bersama Komunitas Pecinta Reptil Amar PD, masyarakat Desa Lubuk Mas, Bunut, Pelalawan berhasil mengevakuasi ular piton (Phyton Reticulatus) sepanjang 8 meter dengan berat 200 kilogram yang hendak memangsa ternak warga.

Pecinta Reptil, Amar PD mengatakan pihaknya segera meluncur ke lokasi saat mendapat laporan dari warga pada 1 Januari 2023 lalu.

"Awalnya warga mendengar suara gaduh dari kambing miliknya, ketika dicek, kambing itu sudah dalam keadaan dililit dengan bagian kepala sudah ditelan ular piton," katanya.

Menurut Amar, dikarenakan merasa terancam dengan kedatangan warga, ular piton melepas kambing dan masuk kedalam kanal lebar 2 meter yang berada di dekat kandang kambing tersebut.

"Proses evakuasi memakan waktu 1 jam. Saat itu ular berada di dalam kanal, jadi sangat sulit melacak badannya, karena ular cenderung diam saat berada didalam air," ungkap Amar.

"Ular piton yang kami evakuasi ini panjangnya 8 meter dengan berat diperkirakan lebih dari 200 kilogram," sambungnya.

Setelah dievakuasi dari kebun warga yang berjarak sekitar 2 kilometer dari pemukiman warga, ular piton ini dibawa tim Amar PD untuk diamankan.

"Kemungkinan tidak akan dilepasliarkan, karena ular ini akan jadi bahan edukasi dan penelitian jika ada orang Eropa yg ingin melihat ular liar dengan ukuran cukup besar dan masih ada di perkebunan di provinsi Riau," tutupnya.