UNRI-Jasa Raharja Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas

Jumat, 03 Februari 2023

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya dimana sebagian besar banyak memakan korban pelajar dan mahasiswa,  PT Jasa Raharja Cabang Riau menggandeng Universitas Riau (Unri) guna melakukan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas kepada pelajar dan mahasiswa, Selasa (1/2)

Kepala Cabang Jasa Raharja Riau,  M Iqbal pada kesempatan berkunjung ke UNRI, mengatakan tahun 2022, Jasa Raharja telah menyantuni sebanyak Rp2 triliun untuk korban kecelakaan lalu lintas. Ini menandakan bahwa kecelakaan lalu lintas terus mengalami peningkatan.

Dengan adanya kerja sama antara Jasa Raharja dengan UNRI, semoga nanti kita bisa secara bersama-sama mendorong generasi muda khususnya mahasiswa untuk lebih peduli terhadap keselamatan berlalu lintas, dan angka kecelakaan lalu lintas ini bisa ditekan,” harap Iqbal.

Untuk di Riau, Jasa Raharja memilih UNRI karena merupakan universitas terbesar yang ada di Riau dan memiliki mahasiswa  terbanyak, tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra, yang hadir menyambut kunjungan itu mengapresiasi niat baik dari Jasa Raharja dalam meningkatkan keselamatan berkendara di kalangan sivitas akademika UNRI. 

“Pada dasarnya kita pihak kampus memang tidak bisa mengontrol penggunaan kenderaan bagi mahasiswa, terlebih lagi saat mereka berada di luar kampus. Namun demikian, sebagai institusi publik kita bisa menyampaikan ataupun memberikan pemahaman kepada mereka terkait pentingnya menjaga keselamatan diri dan keselamatan sesama pengguna jalan raya,” jelas Mexsasai.

Melalui kerja sama ini, lanjutnya, Jasa Raharja dan UNRI bisa berkolaborasi melakukan upaya pencegahan dan sosialisasi dengan berbagai varian kegiatan akademik dan kemahasiswaan, seperti kuliah umum untuk mahasiswa, pelatihan keselamatan berkendara (safety riding), dan sebagainya.

Selain kerja sama terkait peningkatan keselamatan berlalu lintas,  kerja sama lain yang bisa dilakukan antara UNRI dan Jasa Raharja adalah dalam program magang mahasiswa. Hal ini sejalan dengan program pemerintah melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang  mendekatkan dunia kampus dengan dunia kerja.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Dr Ir Sofyan Husein Siregar MPhill pada pertemuan itu, berharap agar apa yang menjadi komitmen ini bisa diikat dalam nota kesepahaman nantinya. 

“UNRI dan PT Jasa Raharja telah menjalin hubungan yang baik selama ini, mudah mudahan apa yang menjadi komitmen kita menjadi manfaat bagi kedua belah pihak,” harapnya.***