Pemprov Riau Bantu Anggaran Perbaikan Jalan Parit Indah Pekanbaru

Sabtu, 11 Maret 2023

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Pemerintah Provinsi Riau siap bantu perbaikan Jalan Datuk Setia Maharaja atau Jalan Parit Indah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui anggaran Bankeu tahun 2023 melalui Dinas PUPR Riau yang saat ini masih dalam proses realisasi di tingkat Provinsi Riau.

Plt Kadis PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan saat ini perbaikan jalan menunggu anggaran tersebut turun dari Provinsi Riau. jika anggaran itu turun maka akan lansung dikerjakan.

“Sebelumnya sudah dibahas, saat ini kita sedang menunggu. Jika bantuan anggarannya turun  lansung dikerjakan,”  katanya.

Terkait besaran anggaran bantuan perbaikan jalan ini, ia menjelaskan berjumlah sebesar Rp13 miliar. Namun, anggaran tersebut tidak hanya untuk Parit Indah tapi juga akan digunakan untuk perbaikan ruas jalan lainnya.

Adapun jalan yang akan diperbaiki yakni, ruas Jalan Firdaus, Jalan Tanjung dan Jalan Pemuda di Kecamatan Payung Sekaki. Selain Bankeu provinsi, Pemko Pekanbaru juga akan melakukan overlay tiga ruas jalan tahun ini, yakni Jalan Suka Karya, Jalan Delima dan Jalan Dahlia.

“Jadi untuk perbaikan jalan ini, Pemko Pekanbaru mendapat bantuan dari Provinsi Riau sebesar 13 milyar rupiah. Diharapkan dengan adanya bantuan itu bisa mengatasi kerusakan jalan yang terjadi saat ini,” harapnya.

Ia mengakui, ada beberapa ruas jalan dinkota Pekanbaru yang mengalami kerusakan parah dan sudah lama dikeluhkan masyarakat. Namun, sebelumnya anggaran kota Pekanbaru cukup terbatas dan saat ini dibantu oleh Provinsi Riau.

“Yang pasti sesuai rencana perbaikan jalan ini segera dilaksanakan. Di mana bulan Maret ini sudah akan dilakukan pelelangan yang selanjutnya lansung direalisasikan,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru gerak cepat melakukan perbaikan infrastruktur. Dalam kurun waktu 2 bulan sebanyak 33 ruas jalan telah diperbaiki. 

Pada bulan Januari 2023, Pemko Pekanbaru melalui Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah melakukan perbaikan 19 ruas jalan. 

Dinas PUPR Kota Pekanbaru menargetkan perbaikan ruas jalan sepanjang tahun 2023 sebanyak 280 ruas jalan atau 14% dari total ruas jalan. 

Adapun ruas jalan yang telah diperbaiki priode bulan Januari, yakni Jalan Patria Sari, Jalan Umban Sari, Jalan Melati Harjosari, Jalan Melati Sukajadi, Jalan Teratai Cut Nyak Dien. 

Kemudian, Jalan Anggrek, Merak, M Yatim, Kulim, Permata, Amal Mulya, Kelapa, Sultan Syarif Qasim, Hang Jebat, Thamrin, Garuda Raya, Cemara Kipas, dan Paus. 

Selanjutnya, perbaikan 17 ruas jalan priode bulan Februari yaitu, Jalan Ahmad Yani, Akasia, Amal Mulia, Anggrek, Bintara, Bunga Raya. Lalu, Jalan Cemara Kipas, Cut Nyak Dien, Garuda Raya, Hang Jebat, Jendral, Kelapa, Kelapa Sawit, Kulim, Lembah Raya, Melati dan Merak.