Terkesan Pemalas, Ini Alasan Mengapa Kucing Hobi Tidur

Rabu, 29 Maret 2023

POTRETRIAU.com - Kucing seringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan. Banyak yang menyukai kucing karena tingkahnya yang lucu, menghibur, dan menggemaskan. Beberapa dari mereka juga menyukai aktivitas sosial dan sangat dekat dengan manusia.

Bagi pencinta kucing, sudah bukan hal yang aneh lagi ketika melihat kucing tertidur dengan pulasnya hingga berjam-jam. Rata-rata kucing bisa menghabiskan waktu 16 hingga 20 jam sehari hanya untuk tidur.

Hal ini dilakukannya bukan berarti dia pemalas atau tidak suka berinteraksi. Kecenderungan kucing tidur sepanjang hari sudah tertanam dalam gennya. Bahkan, jika diperhatikan dia paling tidak aktif di dalam rumah, mereka sebenarnya masih memiliki naluri sebagai pemangsa.

Menurut PetMD, dikutip dari Mental Floss, kucing pelihara rumahan pun tetap memiliki sifat bawaan seperti kucing besar. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghemat energi sebagai persiapan untuk pengejaran dan berburu yang melelahkan.

Jika dibawakan dalam kasus hewan peliharaan aktivitas berburu lebih cocok diartikan sebagai aktivitas bersama pemiliknya, seperti bermain dengan mainan setelah tidur siang atau sekedar menarik-narik bahu majikannya. Aktivitas fisik ini akan menguras tenaga kucing.

Jadwal tidur kucing ini membuatnya sering dianggap hewan pemalas oleh manusia. Mereka justru aktif sekitar fajar atau senja. Di alam liar, perilaku ini dapat mencegah kucing bertemu dengan predator besar yang berburu di siang dan malam hari. Sementara kucing peliharaan tertidur di rumah saat pemiliknya sedang bekerja.

Meskipun kucing menghabiskan waktu tidur yang banyak, mereka tidak benar-benar tidur dengan nyenyak. Ketika tidur tubuh mereka harus dalam keadaan siap untuk bangun dalam sekejap. Kucing memposisikan diri sedemikian rupa sehingga memungkinkan mereka untuk bertindak secepat mungkin.

Saat kucing tidur siang yang ringan, ia hanya tidur nyenyak 15 hingga 30 menit. Sementara jika tidur dengan gerakan otak cepat, mereka hanya menghabiskan waktu tidur 5 menit saja. Jadi, ada baiknya untuk jangan mengelus kucing saat tidur agar kualitas tidur mereka tidak terganggu.