Tolak UU Ciptaker, Mahasiswa Universitas Riau akan Turun ke Jalan Besok

Rabu, 29 Maret 2023

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) yang telah disahkan menjadi Undang-undang (UU) pada 21 Maret 2023 lalu, nyatanya mendapat banyak penolakan di lapisan masyarakat, terutama mahasiswa.

Bahkan pada Kamis (30/3/2023) besok, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) se-Indonesia akan menggelar aksi serentak untuk menolak hal tersebut.

Presiden Mahasiswa Universitas Riau, Khoirul Basar juga menyebutkan pihaknya akan menggelar aksi serupa di depan Gedung DPRD Riau.

"Aksi ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah BEM SI rakyat bangkit. Ini merupakan bentuk penolakan mahasiswa dan rakyat Indonesia terhadap pengesahan UU Ciptakerja yang disahkan oleh ketua DPR RI," katanya kepada Riauaktual.com, Rabu (29/3/2023).

Saat ini, mahasiswa sendiri sudah membuat aksi progapaganda media sosial, dengan mengupload selebaran yang bertuliskan "30 Maret 2023, ayo kita kuliah dijalan !!" Isi sebaran tersebut dengan dibarengi tagar #Dramapengkhianatanrezim #Tolakperppuciptakerja #cabutperpputiputipu.

Sebelumnya, BEM Universitas Riau mengecam keras pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi Undang-undang (UU).

Dengan tegas menggaungkan pernyataan sikap yang dipimpin langsung oleh Presiden Mahasiswa BEM Universitas Riau Kabinet Revitalisasi Perubahan menyatakan sikap penolakan terhadap hal tersebut.

Untuk diketahui, pada tanggal 21 Maret 2023, Perppu Ciptaker telah resmi disahkan menjadi UU oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

"Penertiban Perppu ini terbukti tidak memenuhi ihwal kegentingan memaksa dan terbukti inkonstitusional. Beranjak dari hal tersebut, sebagai negara yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi, penerbitan Perppu Ciptaker dan pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) Penetapan Perppu Ciptaker telah menciptakan preseden buruk sekaligus catatan kelam dalam proses legislasi di Indonesia," kata Presiden Mahasiswa Unri, Khoirul Basar.