Aksi Cepat Jokowi Kunjungi Lokasi Gempa Palu Mendapat Pujian Dari SBY

Ahad, 30 September 2018

POTRETRIAU.COM - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji aksi cepat Presiden Joko Widodo dalam kaitan gempa bermagnitudo 7,4 di Sulawesi Tengah. Bagi SBY, langkah Jokowi sudah tepat.

 

Pujian SBY ke Jokowi disampaikan dalam video berdurasi 3.20 detik, Minggu (30/9/2018). SBY berdiri di depan kamera dengan latar peta Indonesia.

"Meskipun tidak sebesar dan sedahsyat gempa bumi di Aceh dan Nias dulu, kali ini gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulteng juga besar. Korbannya kita saksikan besar," ujar SBY.

"Oleh karena itu, tindakan cepat presiden Jokowi untuk berkunjung ke daerah bencana saya nilai tepat," jelas SBY.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyebut langkah Jokowi yang cepat mengunjungi lokasi gempa sangat mempengaruhi kebijakan yang akan diambil pemerintah untuk penanganan bencana. Jokowi ditemani sejumlah menteri Kabinet Kerja dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengunjungi Palu hari ini. 

"Dengan datang langsung ke daerah bencana, beliau akan bisa melihat situasi, mengambil keputusan dan kemudian nanti operasi tanggap darurat akan berjalan dengan cepat tapi juga efektif," sebut SBY.

Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho sebelumnya mengatakan, data sementara korban meninggal dunia tersebar di dua daerah yakni Palu dan Donggala. Korban jiwa di Palu 821 orang, sedangkan di Donggala 11 orang.