Serahkan Penyaluran Zakat dari Baznas dan Dinas Perikanan Inhil, Bupati Ajak Masyarakat Budayakan Za

INHIL, POTRETRIAU.com - Zakat merupakan kewajiban yang melekat pada diri setiap umat Islam, demikian dikatakan Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP saat penyerahan Zakat Produktif di Desa Simpang Tiga Kecamatan Enok, Sabtu (22/12).

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Indragiri Hilir dengan Dinas Perikanan Inhil.

Pada kesempatan tersebut Bupati didampingi Anggota DPRD Inhil, Ketua Baznas Provinsi Riau, Kepala Dinas Perikanan Inhil, Kepala Bappeda Inhil, Ketua Baznas Inhil, Camat Enok serta Kepala Desa Simpang Tiga Enok. 

Zakat Produktif diserahkan oleh Bupati Wardan secara simbolis berupa 10 unit pompong yang dilengkapi dengan perlengkapan solat dan uang tunai sebesar Rp 500.000 perorang kepada 10 orang mustahiq.

Selain itu, juga dilakukan penyerahkan 85 Unit komperter kit yang merupakan mesin pompong yang sudah di konfersi dari minyak bensin ke gas.

"Zakat ini merupakan salah satu kewajiban yang melekat kepada diri umat Islam yang banyak dijelaskan dalam Al Quran," ujar Bupati Wardan. 

Hari ini, lanjutnya, Bapak-bapak sebagai mustahiq atau penerima zakat ini, ke depan diharapkan bisa menjadi muzakki atau pemberi zakat apabila sudah memenuhi syarat sebagai muzakki.

Dirinya juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu membudayakan membayar zakat, dan selalu beberinfaq. "Karena, dengan berzakat atau berinfaq tidak akan membuat kita miskin. Semuanya itu akan dibalas oleh Allah SWT dan harta kita menjadi berkah," pesannya. 

Orang Nomor Satu di Negeri Seribu Parit ini juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mengingat Allah, karena selain pompong untuk mencari ikan, juga diserahkan seperangkat alat solat yang bertujuan agar masyarakat senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan tetap melaksanakan ibadah di samping mencari nafkah. 

Usai penyerahan zakat berupa 10 unit pompong dilanjutkan uji coba secara langsung oleh Bupati yang didampingi Ketua Baznas Inhil dan Anggota DPRD Inhil.

Baznas Kabupaten Inhil mendapat perhatian khusus dari Baznas Pusat, hal tersebut dikatakan Ketua Baznas Provinsi Riau Yarnal Edwar. "Penyerahan Zakat produktif ini merupakan salah satu program Baznas Nasional Peduli Kesejahteraan Indonesia," sebutnya. 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar