Pesulap Merah Dapat Dukungan MUI Bongkar Aksi Perdukunan

POTRETRIAU.com - Pesulap Merah bikin geram Asosiasi Dukun Indonesia. Ia membongkar praktik perdukunan berkedok ilmu agama.
Walaupun mendapatkan banyak protes, tapi pemilik nama asli Marcel Radhival itu mendapatkan dukungan dari MUI Pusat. Ia berbincang dengan Ustaz Faizar dan salah satu perwakilan MUI, Dr H Endang Mintarja, mengenai aksinya.

"Apa yang dilakukan Abang Marcel ya itu sesuai dan selaras dengan sabda Rasulullah SAW. Kata Rasulullah aksi-aksi penipuan, tipu-tipu, apalagi untuk mengambil keuntungan ya dari aksi penipuan itu. Itu tidak dianggap sebagai umatnya Rasulullah SAW," kata Endang Mintarja sebagai wakil sekretaris fatwa MUI Pusat dalam channel YouTube Marcel Radhival.

"Siapa yang nipu-nipu apalagi kepada kaum muslimin maka dia bukan bagian dari kami, umat Rasulullah SAW," sambungnya.

Aksi Marcel Radhival membongkar trik perdukunan diharapkan bisa meminimalisir penipuan berkedok agama. MUI mendukung hal itu.

"Jadi pertama, menghilangkan paling tidak meminimalisir aksi-aksi penipuan berkedok agama, sulap, dan seterusnya, tentu saja ini selaras dengan apa yang diupayakan oleh guru-guru kita, kyai-kyai kita, agar umat ini lebih cerdas, lebih bijak. Justru ini yang akan menguatkan tauhid," tegas Endang Mintarja.

Pihak MUI pun menjelaskan aksi perdukunan yang dibongkar oleh Pesulap Merah. Perdukunan yang dimaksud Marcel Radhival adalah perdukunan yang memasukkan unsur klenik dan mistis.

"Yang perlu diluruskan perdukunan yang dimaksud oleh Kak Marcel ini adalah perdukunan yang memang mereka memasukkan di dalamnya unsur-unsur mistis atau berhubungan dengan jin-jin dan itu dilarang keras oleh agama kita," kata Abah Endang.

"Sebagai mana kata Allah pada surat Jin, orang-orang yang meminta perlindungan bantuan pada jin-jin maka tidak ada gunanya mereka, justru bertambah dosanya. Ini di antara dosa besar yaitu kita memohon, meminta perlindungan kepada selain Allah. Supaya untuk mencerdaskan umat ini dari hal-hal yang jadi hiburan semata tidak masuk ke ranah keagamaan. Kami sepenuhnya mendukung ini," tegasnya.

Pesulap Merah merupakan pria kelahiran Tangerang, 26 Agustus 1995. Dirinya diketahui hidup di keluarga yang taat agama. Diketahui, kakaknya seorang ustaz.

Marcel Radhival sudah lama menunjukkan kebolehannya melakukan sulap, hingga akhirnya menunjukkan bakatnya di tempat kerjanya dulu yang berada di kawasan Blok M.

Momen itu juga mempertemukan Marcel Radhival dengan ketua dari komunitas cosplay. Mereka akhirnya membuat sebuah manajemen.

Marcel Radhival kemudian mempelajari banyak hal, seperti make up hingga kostum. Dari situ akhirnya lahir konsep Pesulap Merah.

 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar