Pangeran Charles Jadi Raja Inggris

Pangeran Charles

POTRETRIAU.com - Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis 8 September 2022. 

Pascakematiannya, kerajaan Inggris mengumumkan Pangeran Charles menjadi Raja Inggris.

Pangeran Charles menggunakan nama Raja Charles III. 

Dikutip dari liputan6.com, berdasarkan laporan Insider yang dikutip Jumat (9/9/2022), ia kini menjadi orang tertua dalam sejarah Inggris yang menjadi raja — pada usia 73 tahun.

"Hari ini mahkota itu diberikan, seperti yang telah terjadi selama lebih dari 1.000 tahun, kepada raja baru kita - kepala negara baru kita - Yang Mulia Raja Charles III," kata Perdana Menteri Inggris Liz Truss saat berbicara kepada bangsa.

"Bersama keluarga raja, kami berduka atas kehilangan ibunya, dan saat kami berduka, kami harus bersatu sebagai rakyat untuk mendukungnya," kata Truss.

"Kami mengantarkan era baru dalam sejarah megah negara besar kami, persis seperti yang diinginkan Yang Mulia Ratu, dengan mengucapkan kata-kata, 'God Save the King'."

Dalam pernyataan pertama yang dikeluarkan oleh Raja Charles III sebagai Raja, dia menyebut kematian Ratu Elizabeth sebagai "momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya."

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai," lanjutnya.

Terakhir kali Inggris melihat perubahan kepemimpinan adalah 70 tahun yang lalu, ketika Ratu Elizabeth II mengambil alih takhta setelah kematian Raja George. Raja tertua sebelumnya dalam sejarah Inggris berasal dari tahun 1830 ketika Raja William IV naik tahta pada usia 64 tahun.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar