Tiga kabupaten di Provinsi Riau telah menetapkan status siaga banjir

POTRETRIAU.com - Tiga kabupaten di Provinsi Riau telah menetapkan status siaga banjir menyusul semakin tingginya intensitas hujan dan air sudah merendam ribuan rumah warga.

siaga banjir itu ada tiga, Kuansing, Indragiri Hulu, dan Rokan Hilir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, H Edwar Sanger, Kamis (8/11/2018). 

Selanjutnya, sebut Edwar Sanger, pihaknya akan mengkoordinasikan dengan stakeholder terkait dan Pelakaana Tugas (Plt) Gubernur Riau terkait penetapan status siaga banjir Riau. 

"Kalau kita harus menetapkan status siaga banjir untuk provinsi kenapa tidak. Tapi kita Koordinasikan dengan pihak terkait, termasuk kita akan laporkan kondisi terkini di kabupaten dengan Plt Gubernur Riau," katanya. 

Dalam penetapan status siaga banjir Riau, menurut mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini tak sama dengan penetapan siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Kalau banjir ini tak sama dengan Karhutla, tidak ada indikator harus berani daerah menetapkan baru kita tetapkan. Kalau banjir kita melihat fluktuatifnya," jelasnya.

Namun, sebut dia, kalau memang banjirnya besar dan lama pihaknya akan tetap status siaga banjir provinsi Riau. Tapi kalau banjir di Inhu dan daerah lainnya seperti banjir di Bengkalis hanya sebentar, pihaknya belum menetapkan status siaga. 

Disamping itu, Edwar mengaku, pihaknya dan intansi terkait seperti Dinas Sosial sudah diintruksikan kepada Plt Gubernur Riau untuk segera melakukan langkah-langkah optimalisasi untuk membantu korban banjir. 

"Makanya sejak beberapa hari ini kita sudah turunkan tim ke Inhu dan Bengkalis sebelumnya, kita juga tengah melakukan langkah antisipasi bangkit di Kampar jika sewaktu-waktu PLTA melakukan penambahan buka pintu pelimpahan waduk," cakapnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar