BIN Pastikan Tidak Ada Data Agen Intelijennya yang Bocor

ilustrasi

JAKARTA, POTRETRIAU.com - Badan Intelijen Negara (BIN) menepis kabar mengenai bocornya data agen intelijen. BIN memastikan tidak ada data yang bocor.

"Hoaks itu, data BIN aman, terenskripsi, dan semua data pakai samaran. Jadi data BIN tidak bocor," ujar Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto, Kamis (8/9/2022).

Namun demikian ketika ditanya soal upaya yang akan dilakukan BIN atas kabar tersebut, Wawan enggan berkomentar. "Kita lihat nanti mas," katanya.

Diketahui, data agen BIN diduga bocor di forum hacker BreachForums. Sampel data berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, hingga jabatan. 
Pada komentarnya, user breached.to, Strovian, mengunggah utas berjudul STUPID INTELLIGENCE. Tak ketinggalan, mereka juga menyertakan sampel dokumen berisi sejumlah orang yang diduga pejabat agen BIN.

Dokumen itu berisi rincian nama, tempat dan tanggal lahir, T.M.T (terhitung mulai tanggal, menandakan masa pengangkatan), pangkat, serta golongan.

Salah satu nama yang tertera pada data tersebut misalnya JA yang disebut menjabat sebagai Kasubdit Analisa & Evaluasi.

Selain itu ada pula DP yang disebut lahir di Kebumen, Jawa Tengah, yang menjabat sebagai Analis Data Intelijen dengan pangkat Penata Muda III/a.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar