Jokowi Menargetkan Pembangunan Akses Pelabuhan Patimban Rampung 2024

JAKARTA, POTRETRIAU.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan akses jalan menuju Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat rampung pada 2024 mendatang.

Ia mengatakan, meski pemerintah telah meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, pembangunan akses jalan menuju Pelabuhan Patimban tetap dilanjutkan.

"Saya kira di Patimban tolnya di 2024 akan selesai dan yang baik adalah ada kompetisi antara Tanjung Priok dan Patimban dan itu yang menyebabkan layanan akan jauh lebih baik," kata Jokowi di Gerbang Tol Gabus, Jalan Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (20/9/2022).

Jokowi mengatakan, Pelabuhan Patimban juga memiliki daya saing sehingga pelaku industri dan logistik memiliki ragam opsi.

"Kalau tidak ada kompetisi dan (adanya) dimonopoli, waduh biasanya larinya ke pelayanan yang seenaknya," ujarnya.

Secara terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Patimban tak akan kalah ramai dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Ia mengatakan, pelaku industri dan logistik di wilayah Bekasi dan Karawang nantinya memiliki opsi Pelabuhan Patimban atau Pelabuhan Tanjung Priok.

"Saya pikir kan Patimban selesai 2024 enggak masalah, jadi kita nanti berbagi jalan tol ke Patimban juga selesai 2024 sehingga mereka (pelaku industri dan logistik) yang Bekasi ke sini yang karawang ke sana," kata Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, kawasan di sekitar Pelabuhan Patimban akan semakin ramai mengingat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka kawasan industri seluas 1.500 hektar di Indramayu.

Jadi ini membuat suatu kompetisi dan memperbesar industrial based yang ada di Jawa Barat sampai Cirebon," ucap dia.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar