Pengujian Kualitas Pertalite, Lemigas: Semuanya di Atas RON 90

JAKARTA, POTRETRIAU.com - Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (PPPTMGB) atau LEMIGAS buka-bukaan hasil uji kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. 

LEMIGAS menyatakan bahwa kualitas Pertalite tidak ada yang di bawah RON 90.

Kepala LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, Ariana Soemanto menjelaskan salah satu parameter pengujian Pertalite adalah angka oktan (RON).

"Dari hasil pengujiannya tidak ada yang RON-nya dibawah 90, semuanya di atas RON 90 yaitu kisaran 90,1 sampai dengan 90,7," katanya dikutip dari situs web resmi Kementerian ESDM, Selasa (18/10/2022).

Pengujian kualitas Pertalite diperluas ke berbagai SPBU

Pada tahap awal pengujian kualitas Pertalite, sampel BBM diambil dari 6 SPBU di Jakarta, yaitu SPBU Lenteng Agung, 2 SPBU di Taman Mini, SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter dan SPBU di S. Parman. Selanjutnya, pengujian juga diperluas ke SPBU-SPBU lainnya.

"Pengujian ini terus dilakukan secara lebih luas lagi ke berbagai SPBU lainnya, jadi lebih masif lagi,” tambah Ariana.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menambahkan, pengukuran mutu BBM dengan cara mengambil sampel dari beberapa SPBU masih berjalan terus.

"Fungsi kita memang melakukan pengawasan mutu,” ujar Tutuka.

Lanjut Tutuka, pemerintah terus melakukan pengujian mutu BBM dari SPBU-SPBU lainnya.

Nantinya, hasil uji akan kembali disampaikan pemerintah kepada masyarakat.  

“Masyarakat yang memberikan masukan itu kita dengarkan dan kita cek informasinya, kita validasi. Fungsi kita sebagai pengawasan, tetap kita jalankan. Nanti akan kita sampaikan lagi apa hasil dari sampel yang diambil dari  SPBU-SPBU itu,” sambungnya.

BBM Pertalite diuji melalui 19 parameter

Tutuka menjelaskan pengujian sampel Pertalite dilakukan secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite, sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

“Kita uji di LEMIGAS dan ada 19 parameter uji. Jadi parameternya banyak dan ternyata dari sampel yang diambil di beberapa SPBU, termasuk sampel dari SPBU yang dikeluhkan masyarakat, ternyata semuanya on spec. Tidak ada yang off spec,” tambah Tutuka.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar