Kolaborasi Bawaslu dan Komisi II DPR RI Gelar Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu

INHIL, POTRETRIAU.com - Bawaslu Kabupaten Indragiri hilir (INHIL) bekerja sama dengan Komisi II DPR RI menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu, Sabtu (3/12/2022).

Ketua Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir Muhammad Dong mengungkapkan  bahwa saat ini Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir tengah melakukan pengawasan terhadap tahapan verifikasi faktual keanggotaan perbaikan partai politik dan penataan daerah pemilihan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Indragiri Hilir.

Disamping itu kita juga tengah melakukan pengawasan terhadap tahapan perekrutan Penyelenggara Pemilu Adhoc tingkat kecamatan atau PPK. Dan dalam melakukan pengawasan ini kami sangat membutuhkan partisipasi dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Maka dari itu acara ini sangat bagus dan efektif untuk meningkatkan pengawasan partisipatif masyarakat khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir," imbuhnya.

Senada dengan hal itu, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Hasan saat membuka acara tersebut mengajak kepada seluruh peserta yang hadir dapat bersama-sama melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan Pemilu Tahun 2024 yang saat ini telah berjalan. 

"Ini sejalan dengan slogan Bawaslu yaitu Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu",  imbuhnya.

Sementara itu, dalam paparan materinya Anggota DPR RI H. Abdul Wahid menyampaikan bahwa berdasarkan penelitian terhadap usia data pemilih, 54 persen merupakan pemilih milenial. Untuk itu maka peserta kegiatan kali ini menurutnya lebih diperuntukkan untuk para generasi milenial yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

Pemilu 2024 merupakan hal yang paling urgent mengingat pada tahun yang sama juga akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah serentak. 

"Untuk itu kami mengajak kepada seluruh masyarakat terutama kaum milenial untuk bersama-sama mensukseskan hajatan dua hajatan besar tersebut, mengingat hasil dari hajatan tersebut akan menentukan nasib bangsa dan negara ini untuk lima tahun kedepan", ajaknya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota Komisi II DPR RI H. Abdul Wahid M.Si, Anggota Bawaslu Provinsi Riau Hasan M.Si, Ketua PW Fatayat NU Provinsi Riau Masyitah Ali, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Ketua dan Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Indragiri Hilir, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Indragiri Hilir serta para tamu undangan lainnya.

Pada akhir sesi, juga dilakukan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan peserta serta tamu undangan yang hadir. Tidak hanya seputar hal-hal yang berkaitan dengan kepemiluan saja, akan tapi diskusi dan tanya jawab tersebut juga berkaitan dengan hal-hal lain seperti tugas dan fungsi DPR serta program-program yang telah dicanangkan oleh pemerintah.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar