Bupati harap atlet lokal ikuti Tour de Siak

SIAK, POTRETRIAU.com -  Bupati Siak Alfedri berharap atlet lokal bisa berpartisipasi dalam kejuaraan balap sepeda Tour de Siak di masa mendatang meski saat ini ada tim balap sepeda setempat yakni Bumi Siak Pusako (BSP), tapi pebalapnya nasional dan internasional.

"Mudah-mudahan betul-betul tim BSP ini menyalakan anak-anak Siak atau pun Riau menjadi pebalap di masa akan datang, Ini harus jadi motivasi bagi anak Siak untuk jadi pebalap karena sudah ke-8 kali Tour de Siak," katanya di Siak, Sabtu.

Saat ini Tim BSP pada Tour de Siak memperkuat pebalap-pebalap nasional dan satu pebalap asal Australia. Salah satu pebalap tim perusahaan minyak dan gas itu yakni Bernard Benyamin van Aert.

Bernard pada Etape I "Siak City Race" Jumat (2/12) berhasil menjadi yang tercepat disusul rekan setimnya di BSP, Muhammad Andy Royan. Kemenangan pada Etape I diharapkan bisa jadi motivasi anak Siak untuk menjadi pebalap sepeda.

Dikatakan Alfedri untuk membuat tim sendiri itu tidak bisa dipaksakan karena harus terdaftar juga di organisasi balap sepeda. Tingkat nasional ada Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI).

"Kita menjadi pemimpin Pengurus Kabupaten (Pengkap) ISSI Siak membina dan melatih sehingga menghasilkan pebalap dari anak Siak," ujarnya.

Menurutnya di Siak yang banyak adalah atlet sepeda BMX berdasarkan kompetisi yang pernah dilaksanakan tahun 2019. Saat itu yang ikut ada 210 orang anak Siak mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Atas.

“Jadi sudah ada bibit-bibitnya, tinggal dikembangkan di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Tour de Siak ke-8 kali ini dilaksanakan berbeda dengan yang sebelumnya di mana rutenya diperluas hingga ke Pekanbaru. Jika dulu etape hanya di Siak, pada tahun ini akan melewati Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru dalam tiga etape. Begitu juga dengan penyelenggaraannya kali ini dilakukan oleh Dispar Riau dan Siak.

Untuk Etape I yakni "Siak City Race" keliling Kota Siak Sri Inderapura sebanyak lima putaran dengan jarak tempuh 85 kilometer. Etape II melewati yakni Kabupaten Siak hingga Pekanbaru Kabupaten Pelalawan sepanjang 130 km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman.

Terakhir Etape III melaksanakan balapan di Kota Pekanbaru sepanjang 120 kilometer sebanyak tiga putaran. Mulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar