5 Gunung Tertinggi Di Tanah Air Selain Semeru, Ada Di Sumatera

Ilustrasi

POTRETRIAU.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia dipenuhi dengang gunung berapi yang aktif maupun tidak aktif. Ini dikarenakan Indonesia merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik. Dari banyaknya gunung yang tersebar, beberapa di antaranya adalah yang tertinggi di Indonesia.

Meski memiliki puncak tertinggi, tak sedikit pendaki lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk mendaki gunung-gunung tersebut karena menawarkan keindahan.

Dihimpun dari Suara.com, Minggu, 18 Desember 2022, ada lima gunung tertinggi di Indonesia, di antaranya ada di Sumatera. Apa saja?

1. Puncak Jaya

Dulu Puncak Jaya disebut Carstensz Pyramid dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Jaya adalah puncak tertinggi Gunung Jayawijaya atau Gunung Cartenz yang berada di Taman Nasional Lorentz, Papua Barat.

Taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1999.

Puncak Jaya adalah salah satu dari Tujuh Puncak Dunia, gunung tertinggi dari masing-masing tujuh benua.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805. Merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia sekaligus puncak tertinggi di Pulau Sumatera.

Gunung berapi yang terakhir kali mengalami erupsi pada Oktober 2022 ini berada di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi, dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, di Pengunungan Bukit Barisan.

Gunung ini juga menjadi batas antara wilayah Suku Kerinci dengan etnis Minangkabau yang dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat.

3. Gunung Rinjani

Memiliki ketinggian 3.726 meter, Gunung Rinjani menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gunung berapi aktif yang terletak teat di Garis Wallace ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung ini diketahui terakhir kali mengalami letusan terakhir pada 2016.

4. Gunung Semeru

Gunung yang beberapa waktu lalu mengalami erupsi ini memiliki ketinggian 3.676 meter dan jadi yang tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur.

Terdapat beberapa gunung di dalam Kaldera Gunung Tengger, antara lain Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, Gunung Watangan, dan Gunung Widodaren.

Gunung Semeru sendiri memiliki banyak cerita wayang tradisional, mitos, dan legenda. Menurut cerita kuno, dewa-dewa Hindu India memindahkan gunung ini dari Himalaya ke Jawa untuk mencegah pulau itu mengapung di lautan dunia.

5. Gunung Bukit Raya

Gunung yang berada di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, ini memiliki ketinggian 2.278 meter. Gunung Bukit Raya merupakan yang tertinggi di Kalimantan dan menjadi bagian dari Taman nasional Bukit Bakat-Bukit Raya.

Dibandingkan dengan puncak lainnya di Indonesia, puncak gunung ini masih jarang didaki. Letaknya sebenarnya terletak di seberang perbatasan Kalimantan Tengah yang disebut Puncak Kakam.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar