Perang Bintang di Perebutan 13 Kursi DPR RI Dapil Riau; Petahana, Gubernur, hingga Mantan Kepala Daerah

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Perebutan slot 13 kursi anggota DPR RI Dapil Riau pada Pemilu tahun 2024 mendatang dipastikan bakal berlangsung seru, sengit, dan menarik.

Hal ini dikarenakan bertaburnya 'bintang - bintang' di dunia politik maupun pemerintahan yang akan bersaing untuk meraih slot tersebut.

Untuk diketahui, di DPR RI, Provinsi Riau memiliki dua daerah pemilihan. Dapil Riau 1 terdiri dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai.

Sedangkan Dapil Riau 2 yakni Kabupaten Kampar, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, dan Kuantan Singingi.

Informasi yang dirangkum, seluruh anggota DPR RI Dapil Riau, baik Riau 1 maupun Riau 2 sebagai petahana, semuanya bakal bertarung lagi mempertahankan posisi mereka di periode 2024 - 2029 nantinya.

Untuk diketahui, di Riau 1 ada 6 anggota DPR RI periode 2019 - 2024, yakni Muhammad Rahul (Gerindra), Effendi Sianipar (PDI P), Arsyadjuliandi Rachman (Golkar), Chairul Anwar (PKS), Syamsurizal (PPP), Jon Erizal (PAN), dan Achmad (Demokrat).

Sementara itu, Dapil Riau 2 bertengger Abdul Wahid (PKB), Nurzahedi alias Eddy Tanjung (Gerindra), Marsiaman Saragih (PDI Perjuangan), Idris Laena (Golkar), Syahrul Aidi (PKS), dan M Nasir.

Selain 13 nama yang bakal maju kembali tersebut, sejumlah nama beken juga mengincar posisi mereka, bahkan kedua pemimpin Riau Gubernur Syamsuar dan Edy Natar juga disebut bakal turut bertarung. Gubri Syamsuar didorong Golkar untuk bertarung di Dapil Riau 1, dan Edy Natar turut didorong Nasdem maju di Riau 1 pula. 

kepala daerah, anggota DPRD Riau juga mengincar posisi yang sama.

Sebut saja Sukarmis mantan Bupati Kuansing dari Golkar yang kini menjadi anggota DPRD Riau, HM Haris mantan Bupati Pelalawan dari Golkar, Wardan Bupati Inhil dari Golkar dan Bupati Inhu dua periode turut bersaing untuk dapat meraih slot di Dapil Riau 2.

Kemudian muncul lagi, nama Irwan Nasir mantan Bupati Meranti dua periode juga mantan Ketua PAN Riau dan Mantan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT yang diprediksi bakal ikut bertarung.

Selain itu, jangan lewatkan nama anggota DPD RI yang bakal mencoba peruntungan di DPR RI, yakni Intsiawati Ayus yang saat ini bergabung ke Perindo. Selain itu ada nama mantan anggota DPR RI yang kini jadi ketua Perindo Riau, Sayed Abubakar Assegaf.

Selain itu pula, ada nama - nama pentolan politik Riau lainnya yang bakal juga bertarung, seperti Asri Auzar.

Kemudian, ada juga para anggota DPRD Riau yang ingin naik kelas ke DPR RI yang juga sudah menyiapkan diri, mulai dari Karmila Sari (Golkar), Sari Antoni (Golkar), Sahidin (PAN), Husaimi Hamidi (PPP), dan Syafaruddin Poti (PDI P).

Selain nama-nama di atas, masih banyak lagi yang muncul nama-nama lain, seperti di kalangan tokoh masyarakat, politisi, dan lainnya yang bakal maju. Juga ada nama - nama politisi muda yang mulai mencuat.

Untuk diketahui, dari 13 nama Anggota DPR RI Dapil Riau saat ini, perolehan suara terendah yang berhasil duduk adalah di angka 32 ribu lebih, sedangkan yang tertinggi mencapai 78 ribu suara.

Masih banyak yang bisa terjadi di 2024 yang semakin menarik untuk diikuti.

Berikut perolehan suara anggota DPR RI Dapil Riau periode 2019 - 2024 :

Dapil Riau 1

1. Muhammad Rahul (Partai Gerindra) : 58.565 suara.

2. Effendi Sianipar (PDI Perjuangan) : 75.828 suara

3. Arsyadjuliandi Rachman (Partai Golkar) : 32.511 suara.

4. Chairul Anwar (PKS) : 75.348 suara

5. Syamsurizal (PPP) : 42.743 suara

6. Jon Erizal (PAN) : 78.848 suara

7. Achmad (Partai Demokrat): 77.324 suara.

Dapil Riau 2

1. Abdul Wahid (PKB) : 55.770 suara

2. Nurzahedi - Eddy Tanjung (Partai Gerindra) : 57.338 suara.

3. Marsiaman Saragih (PDI Perjuangan) : 39.260 suara.

4. Idris Laena (Partai Golkar) : 56.730 suara.

5. Syahrul Aidi (PKS) : 68.920 suara.

6. M Nasir (Partai Demokrat) : 42.334 suara


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar