Pemilu sangat Penting sebagai Penentu nasib Masyarakat

INHIL, POTRETRIAU.com - Seperti yang kita ketahui Pemilu adalah sarana untuk mencapai Demokrasi, maka Pemilu itu bisa juga baik, bisa juga buruk, itu semua tergantung pada pelaksanaan Pemilu itu sendiri, apakah berkualitas atau tidak. 

Pemilu yang sudah diatur hasilnya dengan sedemikian rupa, penuh dengan rekayasa apakah itu dikatakan Pemilu yang demokratis? Tentu tidak. Pemilu yang demokratis adalah pilihan Masyarakatnya tanpa ada rekayasa, sedangkan Pemilu yang penuh dengan rekayasa sungguh tidak bermanfaat, sangat menghambur-hamburkan uang. 

Pemilu itu mahal sekali bukan?

Bayangkan pelaksanaannya di Indonesia, seperti penyediaan kertas, TPS, dan logistik lainnya berapa banyak uang yang dihabiskan sekali pelaksanaan tentu banyak sekali, maka dari itu apabila dilaksanakan dengan baik maka manfaatnya juga sangat besar bagi capaian demokrasi. 

Pemilu yang bermanfaat bagi masyarakat adalah pemilu yang berkualitas salah satu hal yang menentukan kualitas Pemilu itu adalah kita-kita sebagai Pemilih ini yang dikatakan sudah memenuhi hak pilih.

Ini sangat penting!! karena semua pihak sudah pasti menginginkan Pemilu yang berkualitas itu. Pemerintah, lembaga Perwakilan Rakyat, maupun kita sebagai warganegara. Semua tidak ingin pemilu yang buruk, ataupun tidak berkualitas bagi Pemerintah, Pemilu yang baik akan menghasilkan Pemerintah yang baik pula, pemerintah yang dapat dipercaya masyarakat. Maka keabsahan kekuasaan dari yang menang bisa diterima, dihormati, dan tidak dipersoalkan masyarakat, juga Peserta Pemilu yang kalah. Keabsahan kekuasaan mengakibatkan kebijakan-kebijakan yang keluar oleh pemerintah berjalan dengan efektif. Bagi lembaga Perwakilan Rakyat, pemilu yang berkualitas akan menghasilkan kepercayaan dan pengakuan masyarakat terhadap wakilnya, sehingga masyarakat mau dan nyaman menyalurkan aspirasinya. Dengan begitu, produk Perwakilan Rakyat yang dihasilkan sesuai dengan kehendak masyarakat. Pastinya akan dihormati dan dijalankan oleh masyarakat juga.

Pemilu yang berkualitas akan menjamin adanya ruang ekspresi hak-hak dasar bagi masyarakat, akan adanya pengaruh dari warganegara terkait pembuatan kebijakan sehingga kepentingannya bisa dipertimbangkan, serta terbentuknya wakil rakyat dan pemerintah yang akuntabel.

Maka dari itu dalam Pemilu yang berkualitas, pemilih itu harus bebas dalam mengekspresikan hak-hak dasarnya. Kita harus bisa menentukan pilihan secara mandiri, tanpa ada paksaan, tekanan dari pihak manapun, bahkan keluarga kita sendiri. Tidak ada yang bisa memaksa-maksa kita untuk mengikuti pilihannya. Saya punya pilihan sendiri, kamu punya pilihan sendiri, kita punya pilihan sendiri. Suara kita menentukan nasib kita itu sendiri!!! Begitu pemilu itu menjadi sangat penting.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar