Ratusan Pedagang Pasar Bawah Pindah Ke TPS Pelindo

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Ratusan pedagang Pasar Bawah sudah pindah ke tempat penampungan sementara (TPS) di Pelabuhan Pelindo. Pedagang pindah seiring Pasar Bawah akan segera direnovasi oleh pengelola.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, pedagang Pasar Bawah sudah mulai pindah TPS di Pelabuhan Pelindo. Sekitar 200 lebih pedagang sudah pindah.

Diharapkan, proses renovasi Pasar Bawah segera dimulai. Karena, proses renovasi Pasar Bawah sekitar satu tahun.

"Sebaiknya, pihak ketiga mempercepat proses renovasi Pasar Bawah. Karena, hal itu berkaitan dengan royalti yang harus dibayar ke Pemko Pekanbaru," kata Zulhelmi Arifin, Jumat (24/11).

Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) antara Pemko Pekanbaru dengan PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) selaku pengelola baru Pasar Bawah telah ditandatangani pada 12 April 2023. KSP ini berlaku selama 30 tahun.

Dari kerja sama ini, ada dua hal yang penting supaya tidak timbul kesalahpahaman. Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan dari kerja sama ini.

Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

Dari pengelolaan gedung ini, Pemko Pekanbaru mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun. Dana bagi hasil ini masuk ke kas daerah Pemko Pekanbaru.

Pendapatan daerah ini digunakan untuk pelayanan masyarakat. Saat proses renovasi nanti, para pedagang akan direlokasi sementara hingga bangunan selesai ke Pelabuhan Pelindo.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar