Ngeri, Kematian Industri Motor Dunia Dimulai dari Sini

JERMAN, POTRETRIAU.com - Sebuah langkah revolusioner di dunia otomotif lahir. Bisa menjadi kabar baik, tapi juga buruk di kalangan manufaktur sepeda motor dunia.

BigRep dari Jerman memeperlihatkan inovasi mereka membuat sepeda motor secara utuh tanpa komponen yang ada pada motor konvensional, yakni hanya cukup dengan teknologi pencetakan 3D (3D printing).

Salah satu divisi di BigRep yakni NowLab membawa misi era baru yang kemudian mereka terjemahkan dalam wujud motor hasil cetakan printer 3D dan mereka namakan NERA e-Motorcycle (New Era).

Sesuai namanya, NERA ditenagai listrik bukan mesin bakar internal karena memang dianggap lebih mudah.

NERA e-Motorcycle dibuat hanya terdiri dari 15 komponen, Anda tidak akan menemukan suspensi depan (forkless), NERA hanya memanfaatkan struktur pelek dan sasis guna meredam getaran, bumper juga dibuat fleksibel.

Selain itu, tidak ada juga ban yang menjadi komponen penting di motor konvensional. Jadi hanya pelek berongga hasil cetakan 3D.

Hampir semuanya dibuat dari cetakan 3D, kecuali sistem elektronik atau kelistrikan.

Dengan demikian, NERA jelas berpotensi merubah wajah industri sepeda motor masa depan. Satu sisi mencengangkan dan di sisi lainnya mematikan! 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar