Ternyata Selain Rasanya Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat Ini

POTRETRIAU.com - Di Indonesia rambutan adalah buah yang mudah ditemui. Saat musimnya, buah ini dijual dengan harga murah meriah. Tak cuma enak, rambutan juga kaya nutrisi.

Jenis rambutan yang populer di Indonesia juga terbilang banyak. Sebut saja rambutan rapiah, rambutan si nyonya, rambutan antalagi hingga rambutan binjai.

Buah rambutan punya banyak kandungan vitamin C, menurunkan berat badan hingga membersihkan ginjal. Simak ulasan berikut untuk tahu segudang manfaat rambutan.

1. Sumber energi 

Tidak Cuma Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat IniFoto: istock


Rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Nutrisi ini mampu memasok energi untuk tubuh. Belum lagi kandungan vitamin B pada buah rambutan yang meningkatkan metabolisme energi.

Rambutan juga punya rasa yang manis dan kandungan gula ini juga berperan dalam memasok energi pada tubuh. Jadi kalau merasa lemas bisa tingkatkan energi dengan menyantap rambutan. Gula alami pada buah ini juga terbilang aman dikonsumsi. 

2. Kaya vitamin C dan serat
Buah rambutan matang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini berperan melawan radikal bebas. Vitamin C juga membantu proses penyerapan zat besi. 

Jika zat besi bisa terserap optimal, maka kualitas darah akan meningkat. Komponen pembentuk kolagen dalam vitamin C juga membantu menguatkan tulang dan sendi. 

Buah rambutan juga kaya serat. Ini membantu sistem pencernaan yang berdampak positif untuk sistem buang air. Rambutan juga membantu mengurangi sembelit dan susah buang air besar.

3. Membersihkan Ginjal


Kandungan fosfor pada rambutan membantu menyaring limbah yang menumpuk pada tubuh. Selain itu kandungan mineral pada rambutan juga aktif mebuat ginjal berfungsi dengan baik. 

Konsumsi buah rambutan ini tentu saja harus sesuai porsi. Kalau terlalu banyak juga tak baik untuk kesehatan. 

4. Menurunkan berat badan

Tidak Cuma Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat IniFoto: istock


Kabar baik bagi yang tengah menjalani program diet. Karena buah rambutan terbukti bisa menurunkan berat badan.

Rambutan tinggi serat yang bisa melunturkan lemak dalam tubuh. Apalagi rambutan juga tinggi air yang mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Bagi wanita, rambutan juga punya manfaat bagi ibu hamil. Buah rambutan yang manis asam dan segar membantu mengurangi efek mual dan pusing yang biasa dirasakan pagi hari. 

Rambutan juga membantu menjaga kualitas dan kuantitas hemoglobin. Reaksi gatal yang dialami ibu hamil juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi rambutan.

5. Meningkatkan kualitas sperma 

Tidak Cuma Enak, Rambutan Juga Punya 5 Manfaat IniFoto: istock


Sebuah penelitian mengungkap jika mengonsumsi buah rambutan memiliki pengaruh positif untuk produksi sperma. Kandungan vitamin C pada rambutan membantu para pria memproduksi sperma lebih baik sehingga meningkatkan kemungkinan hamil ppada wanita.

Rambutan juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Nutrisi pada rambutan yang aktif membersihkan radikal bebas yang meminimalisir resiko datangnya penyakit jantung hingga stroke.

Nutrisi ini juga memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak. Aliran darah juga lebih lancar dengan produksi darah yang lebih berkualitas.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar