Berapa Lama Kita Butuh Tidur Nyenyak?

POTRETRIAU.com – Tidur dengan waktu yang ideal sangat penting untuk tetap segar menjalani hari-hari. Tetapi ada satu tahap tidur tertentu yang sangat penting, yakni tidur nyenyak.

Tidur nyenyak atau juga dikenal sebagai tidur delta, disebut mampu untuk membantu kita tetap sehat dan berfungsi secara normal saat bertambah tua.

Seperti dilansir dari The Sun, Kamis, 25 Oktober 2018, tidur dapat dibagi menjadi empat tahap yang berbeda. Yang pertama tahap 1, yakni tidur paling ringan, lalu tahap 2 yang merupakan tidur paling menyenangkan, REM (rapid eye movement atau tidur dengan gerak mata cepat), di mana kita bermimpi, dan tahap 3  tidur nyenyak.

Tidur nyenyak adalah ketika gelombang otak melambat dan menyerupai apa yang dikenal sebagai pola delta, di mana denyut jantung dan laju pernapasan juga melambat. Bagian-bagian berpikir dari otak akan menutup, otot-otot benar-benar rileks dan tidak ada mimpi yang terjadi selama waktu ini.

Jenis tidur ini adalah ketika tubuh memperbaiki sel-sel dan menyembuhkan diri. Pada saat itu, tubuh juga mengeluarkan berbagai hormon untuk memperbaiki otot dan jaringan, serta memperkuat sistem kekebalan.

Pertanyaannya kemudian, berapa lama tidur nyenyak yang harus kita dapatkan?

Meski separuh dari tidur kita dihabiskan di tahap 2, dan seperempat lagi di REM, kita harus menghabiskan sekitar 15 hingga 20 persen waktu tidur dalam tidur nyenyak.

Tahap ini hanya akan berlangsung selama beberapa menit per siklus, dan kemungkinan besar kita akan mengalaminya pada jam-jam pertama tidur malam kita, ketika kita cenderung mudah untuk terbangun.

Sementara itu orang dewasa harus mendapatkan lebih dari satu dan setengah jam tidur nyenyak per malam, atau sekitar 20 persen dari keseluruhan malam mereka. Untuk anak-anak, angka tersebut tetap sama. Namun, mereka membutuhkan 20 persen waktu tidur nyenyak dari keseluruhan malam, tergantung pada jumlah penuh tidur yang direkomendasikan untuk usia mereka.

Bayi harus tidur dari 12 hingga 17 jam sehari, balita antara 10 dan 14 jam dan anak-anak usia sekolah antara 9 dan 11 jam, dan remaja membutuhkan bahkan kurang dari 10 jam.

Sebenarnya mengapa tidur nyenyak begitu penting?

Tidur tahap 3 adalah kesempatan terbaik tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan meningkatkan pertumbuhan. Jadi bagi anak muda atau mereka yang menderita penyakit kronis, tidur nyenyak sangat penting untuk memperbaiki kerusakan.

Tanpa tidur nyenyak, kita bisa menderita penuaan pada tingkat yang lebih cepat dan membuat lebih sulit bagi kita untuk menjaga penyakit jantung, masalah tulang atau masalah neurologis seperti demensia.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar