Ternyata Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Setelah Makan

POTRETRIAU.com - Setelah makan siang atau malam, kebiasaan apa yang seringkali Anda lakukan? Menonton TV, berbaring, mengobrol, bermain gadget, atau melakukan aktivitas lainnya? Tahukah Anda, sebenarnya tidak semua kebiasaan-kebiasaan tersebut baik untuk Anda.

Ya, setelah makan, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk berbaring, menonton TV, atau sekadar bersantai, tanpa mengetahui bahwa ini sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untuk itu, kami mengingatkan agar Anda jangan sekali-sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, baik setelah makan siang ataupun makan malam. Selain kebiasaan-kebiasaan di atas, ada beberapa kebiasaan lainnya yang tak kalah berbahaya jika Anda lakukan setelah makan. Berikut daftarnya.

 

Merokok

Merokok setelah makan sangat berbahaya bagi kesehatan. Sangat penting untuk memberi jeda beberapa jam setelah makan, baru Anda merokok, karena rokok mengandung nikotin yang dapat mengikat oksigen berlebih untuk pencernaan, sehingga memungkinkan tubuh untuk menyerap lebih banyak zat karsinogen dari biasanya. Menurut beberapa penelitian, merokok setelah makan sama saja seperti Anda merokok 10 batang rokok sekaligus. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru dan kanker usus.

 

Makan buah

waktu terbaik untuk mengonsumsi buah adalah sebelum makan, yaitu saat perut kosong, mengingat fakta bahwa buah-buahan memerlukan enzim yang berbeda untuk mencerna. Selain itu, gula yang terkandung dalam buah membutuhkan lebih banyak waktu untuk dapat benar-benar diserap. Di sisi lain, makan buah setelah makan dapat menyebabkan mulas, sendawa, dan gangguan pencernaan.

 

Tidur

Jika Anda langsung tidur setelah makan, hal ini akan membuat Anda mengalami ketidaknyamanan, kembung, dan gangguan pola tidur, karena kebiasaan ini akan memaksa perut Anda melakukan pembakaran di malam hari. Universitas Ioannina Medical School melakukan penelitian yang membuktikan bahwa orang-orang yang menunggu waktu lebih lama untuk tidur setelah makan, berisiko lebih kecil untuk menderita stroke. Jadi, pastikan Anda sudah tidak makan setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

 

Mandi

Mandi tepat setelah makan dapat meningkatkan aliran darah di kaki dan tangan, sehingga akan mengurangi aliran darah di perut. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan Anda dan menyebabkan sakit perut.

 

Minum teh

Anda tidak boleh minum teh setelah makan malam karena dapat mengganggu penyerapan zat besi. Teh mengandung asam tanat yang dapat mengikat protein dan besi yang terkandung dalam makanan kita. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah, bahwa dalam kebanyakan kasus hal ini menghasilkan 87 persen penurunan penyerapan zat besi. Dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, akibatnya kulit menjadi pucat, nafsu makan menjadi buruk, nyeri dada, kaki dan tangan dingin, pusing, lemah, dan mengalami kelelahan ekstrem.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar