Dalam Sepekan Ratna Bisa Mendapat Omset Jutaan Rupiah dari Bisnis Online Shop

POTRETRIAU.COM - Berbisnis di usia muda bukanlah perkara mudah. Perlu proses panjang untuk meraih kesuksesan. ibarat belajar mengendarai sepeda, jatuh bangkit lagi hingga lihai mengendarainya.

Jatuh bangun dalam usaha pula dirasakan Ratna. Wanita kelahiran Bone Putra, 30 Oktober 24 tahun silam ini dapat dikatakan salah satu pengusaha wanita muda yang sukses di Kota Tembilahan dan menjadi inspirasi. Bagaimana tidak, omzet dari bisnis online produk kecantikan atau kosmetik yang ia geluti selama lima tahun, dalam sebulan ia berhasil mengantongi hingga jutaan rupiah.

Kepada POTRETRIAU.COM, wanita yang akrab disapa Ratna ini membagikan pengalamannya memulai bisnis kosmetik online atau akrab ditelinga online shop (olshop).

“Membangun bisnis usaha online seperti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan kerja keras, kegigihan, konsistensi serta kejujuran,” ujarnya, saat ditemui Minggu (30/9),  di kediamannya di Jalan Saptamarga, Kelurahan Tembilahan Hulu.

Ratna memulai bisnis saat duduk di bangku kuliah, tepatnya Tahun 2013. Saat itu, ia hanya menjual satu produk krim wajah. Di usaha pertamanya ini tak banyak modal yang ia keluarkan, hanya Rp 700 ribu.

Pertama kali merintis usaha yang tak pernah digelutinya sama sekali, sempat membuatnya merasa bingung. Terlebih teman-teman kuliahnya semasa itu menasehatinya agar fokus menyelesaikan studinya. Maklum saja, tahun itu merupakan tahun terakhirnya menjalani pendidikan di salah satu Akademi Kebidanan di Pekanbaru.

Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini membuka cakrawala pemikirannya, kenapa tidak ia memasarkan produknya melalui media sosial. Singkat cerita, ia  memberi nama usaha onlinenya " RATNA Skincare & Cosmetics " dan  mulai memasarkan produknya melalui akun jejaring sosial miliknya seperti facebook, twitter, path, dan BBM

“Nah, Alhamdulillah dari situ keuntungganya lumayan. Dalam sepekan cream wajah saya bisa habis 2 lusin. Keuntungannya bisa sampai jutaan tiap pekan,” jelasnya.

Setelah menyelasaikan studinya di Pekanbaru 2015 silam, Ratna semakin konsisten dengan usaha produk kecantikan online. Produk yg paling laris adalah Cream HN & Theraskin

Kini pelanggan setianya tak hanya di Tembilahan, ia melakukan ekspansi hingga ke beberapa kota di luar Riau, seperti Bukit Tinggi, jambi, Batam hingga Negara tetangga Malaysia. Untuk memudahkan pemasaran, ia telah memiliki beberapa reseller.  

Sempat terpikir di benaknya, lebih baik menggeluti usaha online saja ketimbang bekerja sebagai bidan, lantaran hasil yang ia dapatkan lebih menjanjikan. “Sempat kepikiran begitu. Hanya sayang aja kalau profesi sebagai bidan saya lepas gitu aja,” ujarnya.

Sebagai salah satu pengusaha muda, dirinya ingin remaja seusianya percaya diri untuk mulai berbisnis. “Saya punya prinsip gini, kalau kerja jangan setengah-setengah. Kalaupun gagal coba lagi, Insya Allah hasilnya memuaskan. Allah itu baik, rezeki sudah diatur selama kita gak ngeluh,” ucapnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar