8 Makanan dan Minuman Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Durian

POTRETRIAU.com - Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan durian. Buah yang satu ini cukup digemari karena memiliki rasa dan aroma yang khas dibandingkan buah lainnya. Buah ini juga terkenal dengan cita rasanya yang legit, manis dan sedikit pahit.

Namun, mengonsumsi durian ternyata tidak bisa sembarangan. Salah satunya, dengan tidak mengonsumsinya bersamaan dengan beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Hal ini karena makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan yang sama dengan durian.

Lantas, makanan dan minuman apa saja itu? Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (1/2/2024).

1. Daging sapi dan kambing

Setelah makan durian, biasanya akan timbul efek hangat atau panas. Begitu pun daging sapi dan daging kambing. Nah, jika keduanya dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan, maka akan meningkatkan risiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Menjadi berbahaya juga memakan daging-dagingan ini berdekatan dengan durian ketika Anda punya gangguan pencernaan pada lambung, darah tinggi, ataupun kolesterol.

2. Alkohol

Alkohol tidak boleh diminum setelah atau bersamaan dengan mengkonsumsi durian. Pasalnya, keduanya mengandung karbohidrat tinggi, sehingga bisa menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan. Selain itu, sulfur dalam durian dapat menurunkan enzim yang berfungsi memecah alkohol sampai 70 persen.

Di Thailand, seseorang bahkan dilaporkan mengalami pecah pembuluh darah setelah mengonsumsi alkohol dan durian secara bersamaan.

3. Soda

Durian dan soda mengandung gas yang akan mengganggu sistem pencernaan jika dikonsumsi bersamaan atau dalam jeda waktu yang singkat. Bukan tidak mungkin seseorang yang mengonsumsinya akan mengalami kembung hingga mual.

Selain itu, minuman soda dan durian juga meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Imbasnya, risiko penyakit jantung akan mengintai.

4. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian. Kopi memiliki tingkat kafein tinggi sehingga mampu meningkatkan detak jantung.

Selain itu, kopi juga bisa mengakibatkan suhu tubuh menjadi panas. Efek yang sama juga dimiliki oleh durian, sehingga mengonsumsi makanan dan minuman ini secara bersamaan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk pengidap penyakit jantung.

5. Kepiting

Makanan selanjutnya yang tidak dianjurkan dimakan bersamaan dengan durian adalah kepiting. Keduanya memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah, risiko serangan jantung, serangan stroke, hingga kenaikan kadar gula darah secara drastis.

Apabila ada seseorang yang mengidap kolesterol tinggi dan makan kepiting bersamaan dengan durian, tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Anda yang punya risiko kolesterol, hindari memakan kepiting berdekatan waktunya dengan konsumsi durian.

6. Manggis

Durian merupakan buah yang memiliki kandungan selulosa cukup tinggi. Kandungan tersebut ternyata juga dijumpai pada buah manggis. Karena itu, manggis tidak boleh dimakan setelah mengonsumsi durian. Apabila pantangan tersebut dilanggar, maka sembelit atau susah buang air besar kemungkinan besar akan terjadi.

7. Terong

Sayuran memang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, begitu pula dengan terong. Namun, jangan sekali-kali makan terong bersamaan dengan durian. Sama seperti kopi, terong juga dapat menaikan suhu tubuh Anda apabila dikonsumsi. Apabila dikonsumsi secara bersamaan tentu tak baik bagi kesehatan, terutama bagi kamu yang mengidap sakit jantung.

8. Susu

Kandungan sulfur yang ada pada durian juga dimiliki oleh susu. Saat mengonsumsi durian dipadukan dengan susu, bisa membuat tubuh tidak bekerja secara maksimal ketika mengeluarkan dan menghancurkan toksin.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Manginang dan Hiroshi Gemma dari Tsukuba University, Jepang menghasilkan fakta bahwa kandungan tinggi sulfur yang ada dalam durian mampu menurunkan kinerja Aldehida dehydrogenase, yakni enzim yang berfungsi mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh.

 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar