Juni 2019, Pemerintah Mulai Kembali Rekrut CPNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PAN RB, Syafruddin

POTRETRIAU.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PAN RB, Syafruddin mengatakan, pemerintah akan membuka lagi penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS untuk 2019. Dijadwalkan, akan dimulai pada Juni mendatang.

Hal itu sudah disepakati dan dibahas bersama-sama Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 24 Januari 2019. Penerimaan ini sebagai kelanjutan dari CPNS 2018 kemarin, yang evaluasinya sudah disampaikan ke Presiden.

"Saya melaporkan evaluasinya dan sudah selesai CPNS tinggal nunggu NIP-nya. Kemudian, tahapan 2019, juga kita akan laksanakan, tetapi nanti bulan enam (Juni)," kata Syafruddin, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 24 Januari 2019.

Penerimaan CPNS tambahan di 2019 ini, adalah sebanyak 100 ribu yang akan dijaring untuk mengisi kekosongan. Mengingat, pada 2018, ada 50 ribu yang pensiun, dan di 2019, ada 52 ribu. Maka, dibutuhkan segera kekosongan tersebut.

"Tetap fokus pada tenaga pendidikan dan kesehatan, lebih fokus ke sana," kata mantan Wakapolri itu.

Dengan jumlah yang pensiun lebih dari 100 ribu PNS itu, maka harus segera diisi dengan yang baru. Sebab, jelas Syafruddin, pihaknya tidak ingin menunggu lama, sehingga banyak yang mengambil lagi tenaga honorer. 

"Jadi, harus kita kejar tentunya, jaga keseimbangan supaya jangan lagi rekrutmen honorer yang terlalu banyak. Honorer akan kita selesaikan dengan jalur PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)," jelasnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar