Terkena Percikan Hujan, Kotak Surat Suara di Pekanbaru Rusak

Pekanbaru, PORETRIAU.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) provinsi Riau menemukan 14 piece kotak suara yang bermasalah di Kota Pekanbaru. Kotak suara yang berbentuk kardus itu rusak karena terkena air hujan.

Dari 14 tersebut, 3 kotak surat suara rusak parah karena basah. Sementara 11 kota suara mengalami kerusakan berupa goresan yang terdapat di beberapa bagian kotak tapi tidak basah.

Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Riau, Gema Wahyu Adinata, mengatakan bahwa Bawaslu menemukan kotak suara yang rusak tersebut di gudang penyimpanan logistik KPU Kota Pekanbaru, di venue takraw kawasan Bandar Seni Raja Ali Haji, Pekanbaru.

"Dari laporan yang kami terima dari Bawaslu kota Pekanbaru, ada 3 kotak yang rusak karena terkena air, 11 rusak goresan. Air tersebut berasal dari hujan lebat yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kota Pekanbaru. Kita menduga percikan air hujan masuk ke gudang penyimpanan lantaran pada saat itu angin kencang," kata Gema, Kamis (14/2/2019).

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kota Pekanbaru, Rizqy Abadi, mengatakan, Bawaslu Kota Pekanbaru telah meminta KPU Kota Pekanbaru untuk menutup fentilasi venue takraw yang dijadikan gudang KPU.

"Kami sudah rekomendasikan KPU Pekanbaru untuk mengganti kotak suara yang rusak akibat basah terkena air tersebut. Menurut keterangan KPU Kota, kotak suara terkena tempias air hujan pada saat hujan lebat dan disertai angin kencang yang terjadi dua hari lalu," cakap Rizqy.

Untuk mengantisipasi kerusakan serupa, pihak KPU Kota Pekanbaru juga diminta memindahkan letak penyimpanan kotak suara ke lokasi yang lebih aman.

"Kotak suara yang digunakan pada saat pemungutan suara harus dalam kondisi sempurna. Memang ini tidak begitu parah, namun kotak suara harus dalam kondisi bagus tanpa ada cacat sedikitpun," cakapnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar