Sebanyak 291 Calon Panwascam di Rohul Jalani Tes CAT, hanya 6 Nama yang akan Lolos

ROHUL, POTRETRIAU.com - Sebanyak 291 calon Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024 di Kabupaten Rokan Hulu, menjalani tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) di SMAN 1 Rambah, Jalan Diponegoro, Desa Koto Tinggi.

Dari 291 peserta yang mengikuti Tes CAT, hanya diambil 6 peringkat teratas atau 2 kali kebutuhan untuk dilakukan seleksi lanjutan di setiap kecamatan.

Pimpinan Bawaslu Rohul, Kordinator Devisi SDM, Organisasi dan Diklat Yurnalis S. Ag menjelaskan, dalam rekruitmen Panwascam ini, terdapat 317 pelamar dari 16 kecamatan yang menyerahkan berkas pendaftaran.

"Setelah dilakukan verifikasi berkas maka ditetapkan 291 peserta lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis hari ini," cakap Yurnalis, Sabtu (15/10/2022).

Lebih lanjut diterangkannya, tes tertulis berbasis CAT ini dibagi dalam 10 sesi dam akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jumat hingga Ahad Esok.

"Setiap sesinya itu jumlah peserta 30 orang, menyesuaikan dengan perangkat PC yang tersedia. Untuk hari Jumat dan Sabtu masing-masing 4 sesi mulai pukul 08.00 wib pagi hingga 17.00 wib sore dan hari Minggu 2 sesi," terangnya.

Adapun materi yang diujikan dalam rekruitmen Panwascam ini antara lain undang-undang kepemiluan, wawasan kepemiluan, dan wawasan kebangsaan.

Menurut Yurnalis, Tes CAT langsung ini terkoneksi ke Bawaslu Provinsi Riau. Setelah selesai tes, setiap peserta akan mengetahui nilai tesnya di layar monitor dan akan direkap oleh Pokja Bawaslu Provinsi.

"Jadi berbeda dengan CAT CPNS, nilainya tidak diumumkan langsung tapi hanya peserta dan Pokja Provinsi yang tahu. Setelah direkap, hasil rekapitulasi nilai akan diserahkan oleh Bawaslu Riau ke Bawaslu Rohul, " terangnya.

Hasil tes CAT Rekruitment Panwascam ini akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober 2022. Namun, nama yang diumumkan adalah 6 nama teratas di masing-masing kecamatan.

"Jadi tidak seluruhnya, yang diumumkan hanya 6 nama teratas atau 2 kali kebutuhan. 6 nama itu kemudian akan dilakukan seleksi lanjutan, yakni wawancara," ujarnya.

Dalam tes wawancara, Bawaslu Rohul akan melakukan seleksi wawancara untuk mendalami kemampuan 6 calon peserta dengan nilai tertinggi di setiap  kecamatan tersebut untuk mendapatkan 3 Calon Panwascam yang akan dilantik menjadi Panwascam. Sementara 3 lainnya otomatis menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW).


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar