Tambang di Sawahlunto Meledak, 10 Pekerja Meninggal Dunia

POTRETRIAU.com - Peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 09.00 Wib pagi di tambang batu bara di Sawahlunto, Sumatra Barat. Ledakan terjadi saat para pekerja memulai aktivitas penambangan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Padang melakukan pencarian korban dan telah menutup pencarian usai korban terakhir ditemukan. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pukul 18.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Pada pukul 18.00 WIB tim berhasil mengevakuasi korban terakhir dalam keadaan meninggal dunia. Saat ini korban telah dibawa ke RSUD Sawahlunto," kata Kepala Seksi Operasional Basarnas Padang, ujar Octavianto, Jumat (9/12/2022).

Jumlah korban ledakan tambang batu bara yang terjadi pagi tadi ada 14 orang. 10 orang di antaranya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Awalnya korban berjumlah 12 orang, namun setelah kita data kembali totalnya ada 14 orang, semuanya telah ditemukan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan kejadian tersebut. Dia menyebut, ledakan terjadi di lubang tambang IUP PT. NAL Sapan Dalam, Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto. sekitar pukul 09.00 Wib.

"Telah terjadi kecelakaan tambang yang diduga adanya letupan dari dalam lubang tambang," kata Dedi saat dikonfirmasi, Jumat (9/12/2022).

Dari data yang dihimpun, kata Dedi, ledakan tambang berimbas pada 15 pekerja. Sembilan di antaranya berhasil keluar dari lumbang tambang

Kronologi

Sementara hasil laporan sementara, peristiwa ledakan terjadi sekitar pukul 09.00 Wib. Saat itu, para pekerja memulai aktivitas penambangan.

Salah satu petugas bernama Dian Firdaus melihat adanya kepulan asap keluar dari lubang tambang diiringi letupan kecil.

"Yang pada saat itu beberapa pekerja sudah ada yang masuk ke dalam lubang, selanjutnya KTT memerintahkan kepala lubang untuk melakukan pengecekan ke dalam lubang," kata Dedi.

Sekitar pukul 10.15 Wib, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti mendatangi lokasi kecelakaan tambang IUP PT. NAL untuk meninjau lokasi.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar