250 Hektar Lebih Lahan Terbakar di INHIL

TEMBILAHAN - Hingga bulan September 2018 ini, sudah 250 hektar lebih lahan terbakar di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dengan total 191 hotspot.

Kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) seluas 250 hektar lebih telah terbakar di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) per september 2018 dengan total hot spot sejumlah 191 hot spot (titip panas).

Jumlah tersebut belum termasuk Karhutla yang terjadi di Kecamatan Kempas yang saat ini masih dalam proses pemadaman.

“Karlahut terbaru yang masuk dalam data tersebut baru yang di Desa Sekayan Kecamatan Kemuning, belum masuk yang di kempas ini,” jelas Kepala BPBD Inhil  Yuspik, SH melalui Kabid Rehabilitasi Dan Rekontruksi, BPBD Inhi, Gordon, SE, Jum’at (28/9/2018).

Dikatannya lagi, Bupati Inhil juga telah mengeluarkan status siaga bagi Inhil  melalui SK Bupati yang dikeluarkan pada awal september sampai november 2018.

“Liat perkembangannya karena bisa diperpanjang,” tutur pria yang juga pengawas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Inhil ini.

Mengingat memasuki musim kemarau ini dan ditambah Karlahut yang baru terjadi di Kecamatan Kempas yang diklaim terbesar di Riau oleh BPBD Riau, BPBD Inhil mengimbau masyarakat untuk lebih berhati – hati lagi dan tanggap terhadap Karhutla.

“Sebagai daerah yang terparah serta memasuki masa cuaca ekstrim, kami imbau hindari bakar - bakar di kebun atau ladang. Bagi pemburu dan pemancing jangan sembarangan membuang puntung rokok dan hati – hati pada aktifitas yang melibatkan api."


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar