Jelang Akhir Tahun, Ini Dia Enam Agenda Pariwisata Riau

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Jelang akhir tahun 2022, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau akan menggelar enam agenda wisata. Kegiatannya bakal digelar di sejumlah kabupaten/kota di Riau.

 

Kepala Dispar Riau, Roni Rakhmat mengatakan, selama tahun 2022 pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan menarik untuk meningkatkan potensi wisata Bumi Lancang Kuning.

 

Untuk dua bulan terakhir di tahun 2022, masih ada enam acara menarik yang akan berlangsung.

 

"Dua bulan terakhir tahun 2022 akan ada enam event lagi yang akan dilaksanakan di kabupaten kota se-Riau," kata Roni Sabtu (22/10/2022).

 

Enam kegiatan tersebut diantaranya adalah Tour de Siak. Kegiatan ini adalah perlombaan bersepeda multi-hari yang diadakan setiap tahun di Kabupaten Siak, Riau.

 

Pesertanya adalah atlet sepeda dari berbagai negara. Dengan events ini kabupaten dengan julukan Kota Istana akan lebih dikenal oleh kalangan mancanegara.

 

"Tour de Siak Insya Allah dilaksanakan 1 sampai 4 Desember mendatang," sebutnya.

 

Kemudian ada Festival Rupat 2022 dan Running 10 K di Pulau Rupat. Event ini merupakan sebuah perhelatan yang bertujuan untuk mengenalkan pesona dan budaya Pulau Rupat, sebuah pulau eksotis yang terletak di Kabupaten Bengkalis sisi utara Provinsi Riau, berbatasan langsung dengan Malaysia.

 

"Festival Rupat 2022 dan Running 10 K di Pulau Rupat kita laksanakan pada November mendatang," terangnya.

 

Kemudian, ada Festival Bono 2022. Untuk peselancar disarankan mengikuti events ini agar dapat menjajal Ombak Bono di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, yang sudah terkenal hingga ke luar negri itu.

 

"Festival Bono juga akan diselenggarakan. Namun, untuk waktunya masih memastikan puncak Bono tertingginya," bebernya.

 

Lalu ada Tour de Muara Takus, event sepeda dengan titik finish Candi Muara Takus. Kegiatan ini juga merupakan upaya mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Kampar.

 

Selanjutnya, beralih ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ada event Festival Benteng Tujuh Lapis Rohul 2022 di Desa Dalu Dalu, Kecamatan Tambusai.

 

Festival ini mengangkat cerita tentang perjuangan Tuanku Tambusai sebagai pahlawan pejuang kemerdekaan yang berasal dari Rokan Hulu, Riau.

 

Terakhir ada event Festival Mancing Dumai 2022. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan sport tourism di Kota Dumai, laut Dumai. Lokasinya berada di selat antara pesisir Kota Dumai dan Pulau Rupat, yang dikenal sebagai spot pancing ikan dikalangan masyarakat tempatan.

 

"Jadi sampai akhir tahun ini Insya Allah full berbagai event di Riau. Mudah-mudahan tidak ada kendala, sehingga semua event bisa dilaksanakan sesuai jadwal," tukasnya.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar