Rekam Jejak Sang Legenda Sepak Bola Brasil

POTRETRIAU.com - Kabar duka tengah menyelimuti dunia sepak bola. Sang legenda sepak bola dari Brasil, Edson Arantes do Nascimento alias Pele menutup usia di umur 82 setelah berjuang melawan komplikasi penyakit yang sejak lama dideritanya.

Pele menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paolo, Brasil, pada Jumat, 30 Desember 2022, dini hari WIB.

Pele memang mengidap penyakit serius, kanker kolon sejak tahun lalu. Kabar kepergian Pele sontak menggegerkan jagat sepak bola.

Dilansir dilansir dari Suara.com, berikut rekam jejak dan prestasi yang ditorehkan Pele.

Greatest of All Time (GOAT) memang pantas disematkan pada Pele meski tak berkarir di Eropa. Pele menjadi satu-satunya pemain yang sukses membawa timnas Brasil merengkuh tiga gelar Piala Dunia, yakni edisi 1958, 1962 dan 1970.

Selama berseragam Selecao, Santos FC, dan New York, Pele telah menghasilkan 77 gol dan 97 caps untuk timnas Brasil.

Pele sukses mencetak 1.091 gol untuk Santos FC, kariernya di Piala Dunia bahkan dijalani saat usianya masih 17 tahun di Swedia, 1958.

Sejak itu, nomor punggung 10 skuad Brasil menjadi meiliknya, bahkan hingga tim Samba itu mencatatkan rekor paling sempurna di Piala Dunia belum ada sosok pengganti yang sepadan.

Di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Pele juga menjadi sosok penting berkembangnya sepak bola. Lewat hijrah yang dilakukan pada 1975, tepat setelah berpisah dengan Santos FC dan berlabuh di New York Cosmos.

Pele yang butuh tiga tahun untuk mengubah citra dan pandangan masyarakat AS terhadap sepak bola. Terlebih saat itu, sepak bola bukanlah olahraga yang populer di AS. Namun, kombinasi Pele dengan New York Cosmos mampu menciptakan revolusi olahraga.

Selain itu Pele dan klubnya ini juga menyebarkan Gospel of the Beautiful Game, sosoknya menjadi wakil untuk kota paling global dalam laga global.

Warisannya pun kini sudah bisa dinikmati banyak orang, termasuk di India, China dan Jepang.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar