Dukung Pemilu 2024 Jujur, Adil dan Damai, Polda Riau Siap Gelar Operasi Mantap Brata

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Polda Riau siap menggelar operasi kepolisian "Mantap Brata" untuk memastikan keamanan dan ketertiban dalam Pemilu 2024. Demikian ditegaskan Karo Ops Polda Riau Kombes Pol R Kasero Manggolo MH, MSi pada diskusi panel yang diadakan pada Selasa (28/2/2023) di Pekanbaru.

"Pertama, Polri harus bisa menjalankan tugasnya dengan tepat dan sesuai aturan yang berlaku. Dalam hal ini, Polri harus menjaga netralitas dan tidak berpihak pada salah satu kontestan yang ada," jelas Kasero.

Kedua, Polri harus memastikan netralitas dan memberikan perlindungan yang sama kepada semua kontestan. "Polri harus menjalankan tugasnya dengan profesional dan tidak memberikan keuntungan pada salah satu kontestan. Polri harus tetap netral dan tidak berpihak pada petahana," tambahnya.

Indikator ketiga yang harus diperhatikan adalah tidak memperbolehkan fasilitas yang dimiliki Polri untuk kepentingan kampanye politik. "Dalam pelaksanaan Pemilu, Polri harus tetap netral dan tidak menggunakan fasilitas yang dimilikinya untuk kepentingan kampanye politik. Polri harus menjalankan tugasnya dengan tepat dan tidak berpihak pada salah satu kontestan," jelas Kasero.

Dalam rencana strategi pengamanan Pemilu 2024, Polda Riau akan melaksanakan empat tahap, yaitu kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, dan pengukuhan. "Kami akan melaksanakan deteksi guna mencegah adanya gangguan terhadap pelaksanaan kampanye, bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi aktif, serta pengamanan tahapan pemilu melalui PAM terbuka dan tertutup," ujarnya.

Operasi Mantap Brata akan melibatkan jajaran Polri dari tingkat Mabes sampai dengan tingkat Polsek. Polda Riau juga akan melakukan pengamanan terhadap capres/cawapres, calon DPR, dan calon DPRD, serta melakukan penindakan dan penegakan hukum terhadap pelanggar aturan pemilu dan hukum yang berlaku pada setiap tahapan pemilu.

Selain itu, Polda Riau juga akan mencegah polarisasi agama dan sosial serta politik identitas. "Dalam rencana strategi Polda Riau, kami juga akan menjaga situasi kamtibmas, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mengantisipasi potensi ancaman hingga gangguan nyata dengan kryd cooling system," jelasnya.

Polda Riau juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu. Dengan kerjasama yang baik antara Polri dan masyarakat, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan damai.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dan memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman dan damai," tutupnya.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar