Syamsuar Ajukan Pengunduran Diri sebagai Gubernur ke Kemendagri dan DPRD Riau

Syamsuar Ajukan Pengunduran Diri sebagai Gubernur ke Kemendagri dan DPRD Riau

PEKANBARU, POTRETRIAU.com - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dipastikan akan maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

Kepastian Syamsuar maju ke Senayan itu dibuktikan dengan pengajuan surat pemberhentian dirinya sebagai Gubernur Riau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, surat pengunduran diri Syamsuar sebagai Gubernur Riau sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pekan lalu.

Surat pengunduran diri Syamsuar sebagai Gubernur Riau itu juga disampaikan ke pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau untuk mengagendakan paripurna pengumuman pengunduran dirinya.

Pengunduran diri tersebut karena sesuai aturan, bakal calon yang memiliki status sebagai kepala daerah harus menyampaikan keputusan pemberhentian paling lambat sampai batas akhir masa pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT).

Dimana jadwal tahapan pencalonan anggota DPR, DPRD Kabupaten Kota dan Provinsi pada Pemilu 2024 yang ditetapkan KPU, jadwal pencermatan rancangan DCT mulai 24 September sampai dengan 3 Oktober 2024.

"Iya sudah diajukan (surat pengunduran diri Syamsuar sebagai Gubernur Riau) ke Dewan Riau," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Elly Wardhani, Rabu (26/9/2023).

Tahap selanjutnya, kata Elly Wardhani, DPRD Riau akan menjadwalkan rapat paripurna pengumuman pengunduran diri Gubernur Riau. Kemudian selanjutnya, Dewan meneruskan surat pengunduran diri Gubernur Riau ke Presiden melalui Kemendagri.

Setelah ada surat pemberhentian Gubernur Riau, maka selanjutnya akan ada surat pengangkatan Plt Gubernur Riau, yakni Wakil Gubernur Riau.

"Ada surat pemberhentian dan pengangkatan Plt Gubernur Riau dari Mendagri," tukasnya.

Berdasarkan informasi, rapat paripurna pengumuman pengunduran diri Syamsuar sebagai Gubernur Riau dijadwalkan pada 2 Oktober 2023 mendatang.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar