Fakta Unik dari Buah Durian

POTRETRIAU.com - Fakta unik dari buah durian ternyata sangat mengejutkan. Buah yang umum dijumpai di Asia Tenggara ini ternyata harganya fantastis, hingga menyentuh ratusan juta rupiah.

Buah durian dikenal luas memiliki aroma khas yang menyengat. Rasanya yang manis dan lezat juga membuat buah ini sering disebut sebagai raja buah atau king of fruits.

Meski buah durian yang kerap dilarang dibawa di dalam transportasi umum, durian ternyata juga banyak mengandung manfaat. Salah satunya adalah kaya akan kandungan nutrisi seperti kalium, serat, zat besi, vitamin C dan vitamin B kompleks. Durian juga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah.

Dilansir dari Okezone.com,  berikut fakta unik dari buah durian lokal maupun impor yang perlu penggemar kuliner ketahui.

Usia Pohonnya Mencapai Ratusan Tahun

Tidak hanya kuat dan kokoh, pohon durian ternyata juga bisa berumur panjang. Tingginya, bisa mencapai lebih dari 50 meter. Pohon durian dapat tumbuh hingga seratus tahun alias satu abad. 

Bahkan, ada pohon durian yang bisa mencapai lebih dari 150 tahun dengan kualitas buah yang akan meningkat setiap tahunnya. Di Thailand, dikabarkan ada pohon durian yang mampu hidup hingga 300 tahun lamanya.  

Ada Ratusan Jenis Durian

Varietas dan jenis-jenis durian, khusus di Asia, bisa ditemukan hingga lebih dari 500 jenis. Jumlah ini terbagi menjadi 100 di Malaysia, 100 di Indonesia dan 300 di Thailand sebagai negara produsen durian terbesar di dunia. Tetapi dari 30 jenis yang sering ditemui, hanya 11 jenis yang bisa dikonsumsi oleh manusia.

Bukan berarti berbahaya atau beracun, jenis duriannya yang tak bisa dimakan ini memiliki biji yang sangat besar dengan daging buah yang tipis sehingga menyulitkan untuk dikonsumsi.

Ada Jenis Durian Tanpa Duri

Beberapa jenis durian ada yang mengalami mutasi genetik. Hasilnya, ada jenis-jenis tertentu ini secara alami tidak memiliki duri seperti durian pada umumnya. Durian tanpa duri ini termasuk salah satu jenis durian langka dan jika dijual harganya bisa begitu tinggi.

Daging dan rasa durian tanpa duri ini tidak jauh berbeda, hanya saja warnanya sedikit lebih pucat.

Durian Berdaging Merah

Biasanya, bagian daging durian berwarna oranye atau kuning hingga kuning pucat. Tapi di Malaysia, ditemukan jenis durian yang berdaging merah. Durian ini termasuk salah satu durian langka yang hanya ditemukan di Timur Malaysia. Durian berdaging merah cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan durian pada umumnya. Rasanya serupa dengan durian umumnya. Sayangnya, buah ini akan sulit ditemukan di daerah lain karena distribusinya dipusatkan hanya untuk di Malaysia saja.

Bijinya Bisa Dimakan

Meski keras, biji durian bisa dikonsumsi. Faktanya, biji durian bisa direbus dan diolah sebagai camilan lezat. Biji durian yang mentah tak bisa dikonsumsi karena mengandung asam lemak cyclopropene yang dapat menyebabkan kanker dan membahayakan tubuh. Ketika sudah dipanggang atau digoreng hingga kering, biji durian ini dapat disajikan sebagai keripik yang lezat.

Harganya yang Fantastis

Tidak seperti buah lainnya, harga durian bisa sangat mahal dan diperebutkan secara lelang. Di Malaysia, durian berjenis Musang King dan Black Thorns atau duri hitam dinobatkan sebagai durian dengan harga termahal. Tidak sedikit banyak orang yang rela menawarkan harga fantastis saat pelelangan durian-durian tersebut. Di Thailand, durian berjenis Kanyao pernah laku terjual dalam acara pelelangan dengan harga mencapai Rp 719 juta. Wow, fantastis bukan.

Memiliki Nama dan Jenis yang Unik

Durian jenis dan bernama Musang King yang banyak ditemukan di Malaysia ternyata ada juga versi ratunya. Durian tersebut dikenal dengan nama Musang Queen. Ternyata 'ratu durian' ini justru ditemukan pada bulan Juni tahun 1987 tepat satu tahun sebelum durian Musang King diidentifikasi. Rasanya yang sangat kuat tidak disarankan untuk dicicip oleh penikmat durian pemula atau baru pertama kali.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar