Pertama di Inhil Pertunjukan Defile Pasukan dan Atraksi di Peringatan HUT TNI Ke-78, Dipimpin Langsung oleh Dandim 0314/Inhil

INHIL, POTRETRIAU.com - Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke -78 tahun 2023, dengan mengusung tema "TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju" dipusatkan di Lapangan Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, pada Kamis (5/10/2023) Pagi. 

Kegiatan diawali dengan Upacara HUT TNI ke-78 dan dilanjutkan dengan Defile yang menampilkan Ratusan Pasukan dari kodim 0314/Inhil serta gabungan instansi lain yang diantaranya dari Polres Inhil, KKP, Bea Cukai, KSOP, Satpol PP, Dishub dan Gabungan Basernas dan PPM, serta Pramuka. 

Defile pasukan dan atraksi di HUT TNI ke-78 ini, merupakan kegiatan yang baru pertama kali di gelar pada acara HUT TNI di Kabupaten Indragiri Hilir, khususnya di Kodim 0314/Inhil.

 

Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf. Fikky Nur Kuncoro Jati secara langsung memimpin atraksi yang memukau, Perwira Menengah TNI AD ini, merupakan bagian dari pasukan Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dengan kejuruan Infanteri. Yang juga dikenal murah senyum dan dekat dengan masyarakat, dengan ciri ini membuktikan TNI manunggal bersama Rakyat. 

Mengendarai motor trail dinas TNI, Dandim membuka atraksi dengan menancapkan gas motornya melewati rintangan lintasan motor yang di bawahnya ada prajurit TNI AD yang menahan beban motor Dandim. 

Dan berbagai macam atraksi yang ditampil pasukan TNI AD yang juga baru bergabung di Kodim 0314/Inhil, diantaranya melewati lingkaran bola api dengan lompat harimau, memecahkan tumpukan batu, uji kekebalan senjata tajam serta Reog.

"Terimakasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat di HUT TNI ke-78 ini, di atraksi Defile tadi, juga sekaligus memperkenalkan warga baru (Prajurit yang baru saja bergabung) dikodim 0314/Inhil. Kebetulan mereka ini nantinya akan mengisi jajaran pos-pos Ramil, yang besok akan diresmikan oleh bapak Pangdam dan Danrem secara terpusat. Sehingga prajurit-prajurit ini memang banyak memiliki kemampuan khusus, mungkin tadi sudah ada beberapa dari kita memperagakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki," terang Dandim setelah berakhir acara. 

Dandim menyatakan Filosofi dari pertunjukan tadi, sebenarnya adalah bahwa meskipun kita ini berada disatuan teritorial sebagai pengayom masyarakat, tetapi kemampuan dasar seorang prajurit, beladiri, bagaimana Ilmu pertahanan diri,dan sebagainya tetap terjaga. 

"Semoga itu nanti menambah kebanggaan masyarakat tembilahan dalam menerima mereka semua (Prajurit)," tutup Dandim.

Untuk diketahui juga, selain menegakkan Kedaulatan Negara, menjaga keutuhan NKRI, dan melindungi segenap bangsa Indonesia, TNI juga berperan dan mempunyai kewajiban untuk mendukung dan membantu untuk menyukseskan setiap program-program yang telah dicanangkan Pemerintah dalam berbagai bidang untuk kesejahteraan masyarakat.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar