Timnas Indonesia Bikin Brunei Darussalam Tak Berkutik di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Dimas Drajad (kiri) bersama Hokky Caraka setelah mencetak gol pertama ke gawang Brunei Darussalam pada laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di SUGBK, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia menang meyakinkan 6-0 atas Brunei Darussalam pada leg pertama putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Setengah lusin gol Timnas Indonesia dicetak lewat hat-trick Dimas Drajad pada menit ke-7, (72'), dan (90+2'). Kemudian brace Ramadhan Sananta di menit ke-63 (p), serta (68'). Satu gol lainnya dilesakkan Rizky Ridho (12').

Bagi Timnas Indonesia, kemenangan membuat mereka menapakkan satu kaki ke putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim besutan Shin Tae-yong itu cuma butuh hasil imbang untuk masuk Grup F melawan Irak, Vietnam, dan Filipina.

Taktik Berhasil

Kemenangan Indonesia atas Brunei Darussalam mendapat komentar dari pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto. Pelatih asal Magelang, Jawa Tengah, itu mengapresiasi kinerja para pemain pada leg pertama babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Menurutnya, skema yang diterapkan Shin Tae-yong cukup berhasil pada laga ini. Meski di babak pertama kurang begitu efektif dalam memanfaatkan peluang yang didapat.

"Bermain dengan skema awal 4-2-4 dengan perubahan skema menjadi 3-2-5 dengan peran Asnawi Mangkualam dari wing back kanan masuk ke dalam menggantikan peran Marc Klok yang naik ke depan untuk menambah opsi karena Brunei menumpuk sembilan pemain bertahan di depan kotak penalti," ulasnya kepada Bola.com, Kamis (12/10/2023) malam.

"Kita apresiasi dengan skema awal Timnas yang menunjukkan kejelian coach Shin Tae-yong dalam mengantisipasi cara bermain Brunei," sambungnya.

Jeli

Erwan Hendarwanto memuji kejelian Shin Tae-yong yang memasukkan beberapa pemain dengan karakter berbeda setelah jeda turun minum. Kebuntuan bisa teratasi dengan terciptanya empat gol di babak kedua.

"Babak pertama unggul cepat dua gol dan modal berharga untuk Timnas bermain lebih tenang. Kendala setelah unggul dua gol justru serangan Timnas Indonesia seringkali buntu karena ketatnya pertahanan Brunei," katanya.

"Babak kedua menunjukkan kejelian Coach Shin dalam memainkan beberapa pemain dengan karakter yang berbeda, sehingga kebuntuan bisa teratasi dengan gol-gol yang tercipta," tambah mantan pelatih PSIM Yogyakarta itu.

Jangan Lengah

Selanjutnya Tim Merah-Putih akan bertandang ke markas Brunei Darussalam di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan. Pertandingan leg kedua ini berlangsung pada, Selasa 17 Oktober 2023.

Erwan Hendarwanto berharap Rizky Ridho dkk. tak lengah meski sudah unggul dengan skor besar.

"Yang pasti selamat buat Timnas Indonesia, bermain agresif dan sangat cair dalam melakukan pergerakan, satu kaki sudah di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, jangan lengah untuk pertemuan leg kedua," ucap Erwan Hendarwanto.


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar