Prabowo Direncanakan Umumkan Bacawapres Besok

POTRETRIAU.com - Bukan cuma Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saja yang punya tradisi mengumumkan para tersangka pada hari Jumat, calon Presiden Prabowo Subianto, dikabarkan juga akan mengumumkan bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya pada hari Jumat, yakni Jumat (20/10/2023).

Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden segera memutuskan nama calon wakil presiden yang akan menjadi calon wakil presiden.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan keputusan tentang penetapan capres prabowo akan dilakukan dalam forum ketua umum partai pendukung Prabowo.

“Forum pembahasan yang akan dipimpin Prabowo Subianto menunggu kembalinya Zulkifli Hasan dari lawatan,” uja Eddy kepada Katadata.co.id.

Menurut Eddy, saat ini Zulkifli tengah dalam kunjungan kenegaraan bersama Presiden Joko Widodo ke Cina dan berlanjut ke Riyadh Arab Saudi. Ia mengatakan Zulkifli dijadwalkan akan tiba di Tanah Air pada Jumat (20/10).

“Segera setelah Pak Zul kembali kami perkirakan akan ada pertemuan dari para ketua umum untuk menentukan siapa yang paling pas menjadi cawapres,” ujar Eddy lagi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. Muzani mengatakan nama cawapres pendamping Prabowo akan diumumkan dalam hitungan jam setelah rapat.

“Mudah-mudahan bukan sehari dua hari, jam lah. Mudah-mudahan,” kata Sekjen Gerindra di sekitar kediaman Prabowo, Jakarta, Rabu (18/10/2023) malam.

Di tempat yang sama Ketua DPW PAN Jakarta Eko Hendro Purnomo mengatakan agenda pertama Zulhas setibanya di Tanah Air mengikuti rapat bersama para ketua umum Koalisi Indonesia Maju.

Eko memperkirakan rapat para ketum Koalisi Indonesia Maju itu berlangsung pada sore atau malam hari.

Adapun empat nama yang disebut menjadi kandidat kuat cawapres Prabowo adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kemudian, kandidat dari Jawa Tengah kemungkinan merujuk ke putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo. Namun, Gibran sejauh ini masih menjadi kader PDI Perjuangan.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat ini menjadi satu-satunya bakal calon presiden yang belum mengumumkan bakal cawapresnya ke publik. Dua bakal capres lainnya, yaitu Anies Baswedan telah menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres. Sementara Ganjar Pranowo berpasangan dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD.

Prabowo saat ini didukung oleh Gerindra, Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, Prima, dan Partai Demokrat. Partai-partai itu tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar