Pj Bupati Kampar Resmikan Pabrik Pupuk Batubara Pertama di Dunia

BANGKINANG,POTRETRIAU.com - Pj Bupati Kampar H Muhammad Firdaus, meresmikan pabrik pupuk batubara futura di Desa Sei Pinang Kecamatan Tambang, Kampar, Riau Senin (23/10/2023). Pabrik yang didirikan PT. Bursatani Futura Andyta itu merupakan pertama kali di Indonesia bahkan di dunia,

Peresmian dilaksanakan bersama para investor dari 17 delegasi negara. Pabrik itu menggunakan teknologi dan mesin karya anak bangsa Indonesia.

Pj Bupati Kampar menyampaikan bahwa belakangan ini di beberapa negara sempat mengalami kelangkaan pupuk termasuk Indonesia.

Karena itu, Firdaus berharap dengan dibangunnya pupuk batubara di Kabupaten Kampar akan menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kelangkaan pupuk di indonesia. Terutama di Kabupaten Kampar.

"Kami bangga memiliki pabrik pupuk pertama dan dibangun di Kampar. Selain menjadi solusi bagi para petani, kami juga berharap perusahaan ini juga bisa menyerap tenaga kerja yang berkualitas di Kampar khususnya Desa Sei Pinang," ujar Firdaus.

Firdaus juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pengusaha dari luar negeri seperti dari negara Amerika, Zimbabwe, Kenya, Malawi, Bostwana Afrika serta Ibukota Jakarta sendiri.

Sementara itu The investor Of Coal Fertilizer (Investor Pupuk Batubara) Mr Raden Umar Hasan Saputra mengatakan peresmian site pabrik pupuk batubara Riau yang menggunakan teknologi pupuk batubara sendiri akan meningkatkan sistem pertanian. Hal itu juga mendukung program ketahanan dan keberlanjutan pangan di seluruh dunia.

Umar Hasan juga menjelaskan bahwa pupuk ini memiliki bahan baku asli dari batubara dan dicampur sedikit bahan lainnya. Sementara untuk mesin produksi merupakan hasil karya anak negeri.

Terakhir, terkait banyaknya para pengusaha dari luar negeri yang hadir pada kesempatan tersebut. Umar mengatakan bahwa mereka melakukan atudy atau belajar, karena mereka juga akan berencana akan mendirikan pabrik ini di negara mereka masing-masing.

Selain para pengusaha dari luar negeri, turut juga mendampingi Pj Bupati Kampar Plt Kadis LH Yuricho Efril,S.STP, Kadis Pertanian Nurilahi Ali, Plt Kadisbun Idrus, dan Camat Tambah Jamilus. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar