BLT El Nino Rp400.000 Cair November 2023, Ini Cara Daftarnya?

Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Malang Jiwan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Tiba sekira pukul 08.05 WIB, Presiden Jokowi kemudian membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sembako kepada para pedagang pasar. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden

POTRETRIAU.com - Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino sebesar Rp 400 ribu untuk dua bulan, yaitu November-Desember 2023. BLT El Nino yang dikucurkan untuk membantu keluarga tidak mampu di tengah kemarau panjang ini akan dibagikan pada November hingga Desember 2023.

Sri Mulyani mengungkapkan bantuan ini akan diberikan sebesar Rp200 ribu per bulan per KPM. Dia memastikan penerimaan BLT akan tepat sasaran karena seluruh data telah terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos). Menurutnya, data 18,8 juta KPM sudah tersedia datanya.

"Mereka (KPM) akan mendapatkan Rp200 ribu per bulan untuk November dan Desember. Kita berikan Rp200 ribu untuk menambah daya beli mereka," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita Edisi Oktober 2023 di Jakarta, dikutip Senin (6/11/2023).

Pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebanyak Rp 7,52 triliun untuk melaksanakan bantuan tersebut. Bantuan ditujukan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar di data Kementerian Sosial.

Masyarakat dapat mengecek terlebih dahulu apakah dirinya masuk dalam daftar penerima BLT ini. Caranya dengan mengunjungi laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id ataupun melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Laman dan aplikasi tersebut dapat menampilkan daftar penerima BLT yang termasuk dalam KPM. Berikut ini merupakan dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek data penerima manfaat tersebut.

- Pengecekan melalui website Kemensos

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
3. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
4. Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon refresh untuk mendapatkan huruf kode baru
6. Klik tombol CARI DATA. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang diinput

- Pengecekan melalui Aplikasi Cek Bansos

1. Download Aplikasi Cek Bansos yang dirilis resmi oleh Kemensos
2. Buat akun baru dan isi kolom data diri yang disediakan
3. Lampirkan swafoto, serta foto KTP. Data kemudian akan diverifikasi oleh Kemensos
4. Setelah data berhasil diverifikasi, klik login dan masukkan username, serta password
5. Pilih menu Cek Bansos dalam aplikasi itu dan lengkapi data
6. Klik Cari Data


 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar