Benarkah Akal Manusia Sempurna di Usia 40 Tahun? Alquran dan Sains Beberkan Faktanya

Ilustrasi

POTRETRIAU.com - Alquran dan sains menjelaskan fakta-fakta tentang akal manusia. Diketahui bahwa tengkorak kepala manusia terdiri dari tulang-tulang yang saling terhubung satu sama lain. Tulang-tulang tersebut saling berkaitan erat dan sangat kuat.

Terdapat tulang rawan lembut yang kian menguatkan tulang di kepala manusia. Tulang rawan lembut itu secara bertahap akan makin kuat seiring waktu

Ketika manusia mencapai usia 40 tahun, tulang rawan tersebut menjadi makin sempurna tingkat kekerasannya. Tulang akan tumbuh serta menyempurnakan struktur tengkorak kepala, sehingga memengaruhi inti akal yang terletak di otak.

Jauh sebelum ilmu pengetahuan modern menemukan fakta ini, sempurnanya kepala dan akal manusia ternyata telah dijelaskan di dalam kitab suci Alquran. Hal tersebut seperti dijelaskan dalam buku "Sains dalam Alquran" karya Dr Nadiah Thayyarah. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

???????????? ???????????? ????????????? ?????????? ? ?????????? ??????? ??????? ???????????? ??????? ? ?????????? ??????????? ?????????? ??????? ? 

??????? ????? ?????? ????????? ???????? ??????????? ?????? ????? ????? ??????????? ???? ???????? ?????????? ??????? ?????????? ??????? ???????? ?????????? 

?????? ???????? ???????? ????????? ?????????? ??? ??? ??????????? ? ?????? ?????? ???????? ???????? ???? ??????????????

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai 40 tahun, dia berdoa, 'Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim." (QS Al-Ahqaf: 15)

Dijelaskan bahwa ayat tersebut menyatakan pentingnya usia 40 tahun dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, kenabian datang kepada para nabi saat mereka berusia 40 tahun.

Ayat ini juga mengungkap kedewasaan dan kematangan seseorang saat sudah mencapai kematangan akal, yaitu ketika kepala sudah mencapai bentuk tertentu dan tidak lagi membesar atau mengecil.

Allahu a'lam


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar