Makanan dan Minuman Yang Dilarang Bagi Penderita Covid-19

POTRETRIAU.com - Apa saja yang tidak boleh dimakan saat kena Covid-19 menarik untuk diketahui. Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), hingga saat ini mencapai 486 kasus terkonfirmasi.

Oleh karena itu, masyarakat perlu membatasi jenis asupan makanan yang tidak boleh dimakan saat terkena Covid.

Penderita Covid tidak dapat sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Hal ini dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak meningkatkan gejala peradangan pada tubuh.

Melansir dari Eat This, Not That, Rabu (20/12/2023), Okezone telah merangkum apa saja yang tidak boleh dimakan saat kena Covid-19

1. Gorengan

Sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan, termasuk makanan cepat saji. Selain itu, makanan yang berlemak tinggi dan berminyak akan merusak sistem kekebalan tubuh.

Makanan itu berdampak buruk terhadap mikrobioma usus dan dapat meningkatkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat. Bagi Ashley Kitchens, minyak yang digunakan pada makanan gorengan mengandung lemak trans.

2. Makanan Pedas

Hindari jenis makanan pedas yang dapat menimbulkan iritasi tenggorokan. Jika penderita Covid mengonsumsinya, maka rempah-rempah pada rasa pedas itu akan membuat batuk. Pada waktu yang bersamaan, ketika Anda mengalami kesulitan bernapas karena sesak, makanan pedas itu akan membantunya membersihkan sinus.

3. Makanan Olahan

Menurut Sydney Greene, MS, RD, makanan olahan mengandung kadar gula tinggi, asam lemak omega-6, zat adiktif bermutu rendah, dan natrium berlebih dapat memicu peradangan. Makanan cepat saji lebih rentan membuat tubuh terkena penyakit.

Hindari jenis makanan yang memiliki pengawet atau jangka waktu simpan makanan yang lama. Hal itu dapat menimbulkan berbagai gejala peradangan dalam tubuh, seperti makanan kemasan.

4. Daging Merah

Jauhi berbagai jenis asupan daging merah saat Anda mengalami positif Covid. Tingginya kandungan lemak jenuh bisa menyebabkan peradangan. Hal itu akan memperparah kondisi tubuh saat terkena virus.

Umumnya, mengonsumsi daging merah secara berlebihan akan membawa dampak terhadap penumpukan lemak dalam tubuh. Akan tetapi, Anda dapat menggantinya dengan makanan lain, seperti ikan dan kacang-kacangan.

5. Minuman Manis

Selain makanan yang mengandung garam dan lemak berlebihan. Minuman dengan kandungan gula juga menimbulkan peradangan dalam tubuh. Menurut Ahli gizi, Angel Planells, MS, RDN, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman manis dan bersoda. Jika Anda sesekali ingin meminum soda, maka sebaiknya campurkan jus cranberry tanpa pemanis.


 


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar