Diskominfops Gelar Sosialisasi Statistik Sektoral Kabupaten Indragiri Hilir

INHIL, POTRETRIAU.com - Drs. HM.Thaher, MM Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir menyelenggarakannya Sosialisasi Statistik Sektoral kabupaten indragiri hilir.

Sosialisasi statistik sektoral kabupaten indragiri hilir ini dilaksanakan satu hari/pada tanggal 19 November 2018 yang bertempat di hotel Harmoni tembilahan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi adalah untuk meningkatkan kualitas aparatur dalam proses pencatatan data sektoral di kabupaten indragiri hilir Peserta sosialisasi statistik sektoral kabupaten indragiri hilir yaitu pegawai yang bertugas melakukan pencatatan data sektoral disetiap OPD dan Kecamatan dalam lingkungan kabupaten indragiri hilir.

"Untuk memberikan pemahaman yang baik kepada aparatur yang menangani pencatatan tentang data sektoral," ujar Drs. HM.Thaher, MM, senin, (19/11/2018). 

Melaksanakan sosialisasi statistik sektoral merupakan salah satu urusan daerah yang sudah diserahkan dari Badan Pusat Statistik (BPS)  inilah adalah kewajiban  yang perlu dilakukan dalam rangka mempersiapkan data yang akurat/aptuded. 

"Jadi kita sangat mendukung apa yang disampaikan bapak bupati tadi dan kami dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir, akan merealisasikan dari pada arahan bapak bupati", tutur Drs. HM.Thaher, MM. 

Lebih lanjut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan 

Statistik Kabupaten Indragiri Hilir mengatakan, kita akan membuat satu tim untuk melaksanakan pendataan yakni satu data untuk indragiri hilir. 

"mudah-mudahan kedepan rencana ini bisa terealisir apa yang diharapkan bapak bupati pada acara pembukaan tadi bisa kita laksanakan dan kami berharap kepada rekan-rekan, teman-teman kecamatan, dari OPD untuk bekerjasama dengan kami sehingga data apa yang kami perlukan bisa kita dapat data dengan baik", Imbuhnya. 

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir Drs HM Wardan MP saat pembukaan kegiatan mengatakan, Karena yang dibahas ini pendataan, kitamengagap penting dan mengambil kepedulian tinggi atas upaya kita dalam rangka pendataan data yang ada di kabupaten indragiri hilir. 

"Saya sudah instruksikan melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Indragiri Hilir

Untuk penyediaan sarana prasarana yang menyangkut kesempurnaan, kelengkapan pendataan ini, karena semua ini sudah menggunakan data-data (IT) information and teknologi, maka dari sisi dari sarana prasarana melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Inhil sudah dipersiapkan sampai di kecamatan, perlunya kita melaksanakan kegiatan sosialisasi ini,  sekaligus pembekalan input bagi para peserta," ujar Bupati. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Inhil juga mengharapkan seluruh peserta dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh dari awal sampai akhir, agar informasi ilmu yang disampaikan nara sumber betul-betul dapat dipahami dan yang terpenting adalah bagaimana upaya kita dalam rangka mendapatkan data yang akurat, data abtudet ini betul dapat-dapat tertelaksana dengan baik. 

Selanjutnya, Lifi Ana, SST, SE, M. SI sebagai Narasumber Materi Kasi Disminasi Layanan Statistik BPS Provinsi Riau mengatakan, Membangun tanpa data itu sulit, data sektoral itu dibutuhkan oleh orang banyak untuk rencana membangun daerah, tarkait investor, kebijakan daerah, tambah guru atau tidak, dokter, perawat dan lain-lain.

"Membangun daerah perlu data statistik sektoral, maka kita penting melaksanakan statistik sektoral, maka kedepanya ada forum satu data",tuturnya. 

Harapan Lifi Ana, SST, SE, M. SI selaku Narasumber

kepada peserta, semoga termotivasi dan terpacu untuk mengumpulkan data, dengan data bisa mengambil kebijakan sendiri terkait pengembangan daerah masing-masing. 

"Untuk melaksanakan pengumpulan data di daerah masing-masing , kita punya daerah, kita spunya data mungkin kita Kedepannya menggunakan para peserta ini lagi melakukan bimtek dipusat  untuk melatih peserta lebih kompeten dan lebih bagus lagi dalam menguasai statistik,” Tutupnya. ***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar