Ayu Harimau Sumatera Betina Ini Akhirnya Mati Terserang Paru-paru Basah

(Harimau Sumatera berjenis kelamin betina bernama Ayu, ditemukan dalam kondisi sudah tidak nyawa di kandangnya. Foto: int )

POTRETRIAU.com - Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) berjenis kelamin betina bernama Ayu, akhirnya mati. Ayu adalah Harimau Sumatera penghuni Taman Satwa Taman Rimbo Jambi. Ayu dikabarkan mati pada Sabtu malam, 26 Januari 2019 akibat mengidap penyakit paru-paru basah (Pneumonia).

Terkait hal itu, Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Taufik, membenarkan kabar itu. Menurutnya, hal ini juga tidak terlepas dari kebiasaan Ayu yang suka tidur di lantai. Padahal di dalam kandangnya, telah disediakan tempat tidur, baik di meja maupun di lantai yang telah dialasi oleh papan.

"Ini masalah perilaku. Ayu ini cenderung tidur di lantai walaupun kita sudah siapkan tempat tidur untuk Ayu," kata Taufik, dilansir viva.co.id.

Terpisah, Kepala Balai Konvervasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Rahmad Saleh, mengungkapkan, sebelum mati, harimau dewasa itu telah beberapa kali menjalani penanganan medis.
        
"Pada tanggal 16 Januari 2019, Ayu mengalami muntah tetapi masih cukup aktif bergerak, dan tanggal 17 Januari 2019 kondisi harimau Ayu tidak mau makan dan kondisinya lemas," terangnya, Minggu 27 Januari 2019.

Menyikapi kondisi Ayu tersebut, tim medis kemudian mengambil sampel darahnya untuk diuji di Laboratorium Sriwijaya. Hasilnya, Ayu teridentifiksi terserang penyakit paru-paru basah (Pneumonia)," terangnya.

Setelah itu, tim memberi infus, antibiotik, lasif dan vitamin terhadap Ayu. Namun kejadian selanjutnya, sungguh di luar dugaan. Ayu ditemukan tidak lagi bernyawa pada Sabtu 26 Januari 2019 sekitar pukul 00.53 WIB. (R24)


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar