Warsan Melihat Satu Ekor Harimau Dewasa dan Dua Ekor Anaknya Muncul di Rengat

INHU, POTRETRIAU.com - Balai Besar Konservasi Daya Alam (BBKSDA) Riau, melakukan pengecekan penampakan satwa liar yang dilindungi Undang-undang berupa Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae).

"Anggota Resort Pekan Heran mendapat informasi dari Camat Rengat Barat adanya perjumpaan warga Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan satwa yang diduga Harimau Sumatera di kebun karet pada hari Senin (25/2/2019) lalu," kata Humas BKSDA Riau, Dian, Rabu (27/2/2019).

Tim Rescue Bidang KSDA Wilayah I Rengat, langsung diperintahkan untuk berangkat ke lokasi oleh Kepala Balai Besar KSDA Riau melalui Kasi Wil I Pangkalan Kerinci.

"Tim turun ke lokasi bersama Camat Rengat Barat, Kepala Desa Tanah Datar, Babinkamtibmas Polsek Rengat Barat serta masyarakat. Dari hasil pengecekan di lokasi, Tim mendapat keterangan  dari warga bernama Warsan yang berjumpa langsung dengan satwa harimau sumatera tersebut," lanjut Dian.

Warsan melihat 2 ekor anak harimau yang sedang bermain di kebun karetnya, kemudian Warsan mencoba mendekati 2 ekor anak harimau dengan 20 meter, ketika warsan akan mendekati, muncul 1 ekor induk harimau dari dalam semak, Warsan langsung lari dan menghindar dari satwa tersebut dan melaporkan kepada Kades Tanah Datar. 

"Di lokasi Tim menemukan bekas semak rumput yang tempat rebahan dua ekor anak harimau dan satu ekor induknya. Selanjutnya Tim melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati bila melakukan aktivitas di dalam kebun karet terutama pada pagi dan sore hari, Tim juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak memasang jerat dan tidak melakukan tindakan yg melanggar hukum, karena satwa harimau tersebut dilindungi Undang Undang," himbau Dian.

Tim akan bekerjasama dengan aparat setempat untuk melakukan pemantauan dan Tim akan segera memasang Camera Trap, karena sudah ada beberapa warga yg melihat sebelumnya keberadaan dan kemunculan satwa tersebut di Desa Sungai Baung yang berbatasan dengan Desa Tanah Datar, Kecamtan Rengat Barat, Kabupaten Inhu.***


[Ikuti PotretRiau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar